Pengaruh Bedak pada Kesuburan


Meski sudah menikah selama dua tahun, wanita ini belum juga dikaruniai anak. Ia menduga penggunaan bedak tabur di sekitar vagina untuk menghilangkan gatal yang dulu sering dilakukannya menjadi penyebab belum hadirnya anak dalam perkawinannya. Bagaimana tanggapan dokter?

Menurut dr. Dewi Rumiris, SpOG, dari Brawijaya Women & Children Hospital, penggunaan bedak sebenarnya tidak menyebabkan sulit memiliki anak. Tapi rasa gatal yang sering dikeluhkan seharusnya dicermati. Sebagai informasi, bedak memiliki partikel-partikel halus yang mudah terselip di sana-sini sehingga mengundang jamur dan bakteri bersarang di tempat itu.

Ada kemungkinan Anda mengalami infeksi akibat jamur atau bakteri di sekitar vagina yang ditandai munculnya rasa gatal itu. Infeksi dapat menjalar ke rahim dan saluran telur sehingga menyebabkan terjadinya perlengketan. Nah, perlengketan karena infeksi ini perlu diwaspadai karena menyebabkan rahim atau saluran telur tertutup atau tersumbat. Kondisi ini yang menyebabkan perempuan sulit hamil.

Namun, untuk memastikan apa sebab sulit punya anak, sebaiknya berkonsultasi ke ahli kandungan. Mungkin akan disarankan untuk pemeriksaan lengkap. karena sebab  penyebabnya bisa dari berbagai faktor. Misal, saluran telur tersumbat, sel telur tidak matang, sperma suami kurang bagus, dan lain sebagainya.

Kompas, 12 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s