Tidur Nyaman Saat Hamil


Merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk bisa tidur dengan perut membesar. Ketika Anda menemukan satu posisi yang cukup nyaman untuk menyangga tulang punggung, panggul, hingga betis, tapi tak lama kemudian Anda merasa ingin buang air kecil. Rasanya serba salah untuk menentukan posisi ternyaman. Berikut tips yang bisa Anda coba untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak dan nyaman saat kehamilan.

Membuat sarang
Ciptakan semacam “sarang” nyaman untuk si bayi yang berada di dalam perut Anda. Tambahkan bantal tipis di bawah pinggul atau paha Anda, dan satu lagi di bawah payudara untuk memberikan sokongan pada perut Anda. Mungkin akan butuh ruang lebih banyak di tempat tidur, namun jika hal ini bisa membantu Anda lebih nyaman, mengapa tidak?

Olahraga ringan
Olahraga ringan dan low impact di siang hari akan melatih kekuatan dan melepaskan energi yang diperlukan untuk tertidur lebih mudah dan nyenyak di malam hari.

Berendam
Berendam sebelum tidur akan membuat indera-indera tubuh serta persendian lebih tenang, sehingga membantu Anda lebih mudah tertidur.

Pijatan pra-kelahiran
Pijatan saat kehamilan yang dilakukan oleh pemijat profesional khusus bisa membantu Anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan nyaman. Pijatan yang enak bisa membantu meredakan stres, membantu relaksasi, membantu sirkulasi, dan mengatasi sakit di bagian punggung, juga linu di panggul.

Piyama nyaman
Naik ke tempat tidur sambil mengenakan celana berkaret membuat tidak nyaman? Cobalah untuk berinvestasi dengan pakaian tidur satin atau sutera yang bisa menutup tubuh sekaligus memberikan kenyamanan saat tidur. Merasa dimanja dan nyaman akan memudahkan Anda untuk tertidur.

Camilan tengah malam
Jika Anda terbangun di tengah malam dengan perut yang lapar, jangan sungkan untuk mengambil camilan. Anda dan si kecil pun butuh tambahan kalori dari camilan sehat di malam hari. Bisa jadi itu yang Anda butuhkan untuk bisa kembali tertidur.

Bantal khusus ibu hamil
Keresahan atau sulit tertidur adalah masalah untuk Anda dan pasangan untuk mendapatkan tidur nyenyak. Agar bisa membantu tertidur, biasanya wanita hamil butuh posisi yang tak biasa agar tubuhnya bisa beristirahat, tanpa terbebani bayi di dalam perutnya. Coba gunakan bantal khusus ibu hamil yang ukurannya panjang dan bisa membantu menyangga tubuh, perut, dan bantal.

Susu hangat
Segelas susu hangat mampu membantu seseorang untuk bisa tidur nyenyak. Susu hangat mengandung asam amino tryptophan, yang dikenal memiliki efek sedatif. Susu juga baik untuk diminum usai makan malam oleh ibu hamil untuk melegakan rasa panas di bagian perut.

Rutinitas sebelum tidur
Tak hanya anak kecil yang menemukan efek baik dari rutinitas sebelum tidur, ibu hamil juga bisa mendapatkannya. Cobalah untuk melakukan semacam ritual menjelang tidur, dan perhatikan jadwalnya. Ketika sudah waktunya tidur, jangan lagi mencoba mengutak-atik pekerjaan, atau mencoba menata kamar untuk si kecil. Bersihkan diri, kenakan pakaian nyaman, matikan lampu, tenangkan pikiran, lalu tidur.

Kompas, 09 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s