Pangeran Mangkubumi, Figur yang Mesti Ditiru


Pangeran Mangkubumi yang adalah Sultan Hamengku Buwono I merupakan figur dengan sifat-sifat yang seyogyanya ditiru oleh pemimpin, kaum muda, dan rakyat. Pangeran Mangkubumi tak hanya merupakan pemimpin yang pandai dan mencintai rakyat, tetapi juga berhasil meletakkan dasar-dasar seni-budaya di masyarakat dan di keraton yang sekarang menjadi kebanggaan Yogyakarta.

Demikian intisari Sarasehan Etos Kejuangan Pangeran Mangkubumi (Sultan HB I) di Sasono Hinggil Dwi Abad. Sarasehan tersebut menghadirkan GBPH Prabukusumo (adik Sultan HB X), Kapten Suparno (Wakil Komandan Korem 0734), budayawan RM Sri Susanto, dan Guru Besar Filsafat UGM Damardjati Supadjar.

Prabukusumo menambahkan, apa yang sekarang menjadi kekayaan seni-budaya masyarakat Yogyakarta dan juga keraton tak lepas dari kegigihan dan kepandaian Pangeran Mangkubumi. Sosok ini jelas seorang seniman besar sekaligus arsitek yang hebat.

“Seperti batik, yang sekarang diakui UNESCO (sebagai pusaka budaya tak benda). Proses pengkajian batik hanya setahun sebelum ditetapkan UNESCO. Ketika 147 perwakilan negara melihat batik dan tahu bahwa ada makna di setiap motif dan pembuatannya, mereka kagum,” ujar Prabukusumo dalam sarasehan yang diselingi dengan geguritan dan dibawakan dalam bahasa Jawa itu.

Sumbangsih besar Pangeran Mangkubumi yang lain adalah meletakkan dasar di keraton sehingga membuat keraton Yogyakarta menjadi khas. Misalnya, setiap abdi dalem di tiap bagian keraton mempunyai nama khusus. Adapun setiap keraton yang memiliki candra sengkala bisa diketahui tahun pembuatannya.

Menurut Suparno, Pangeran Mangkubumi masih bisa menegakkan harga diri bangsa dan rakyatnya walau saat itu Yogyakarta masih dijajah bangsa lain. Ia bisa memelihara hubungan dengan Kumpeni dan Keraton Surakarta. Ia bisa sebagai politikus yang berdiplomasi dengan banyak pihak, dengan tujuan untuk kejayaan rakyatnya.

“Sayangnya, anak muda sekarang hampir tak ada yang menempatkan sosok-sosok seperti Pangeran Mangkubumi sebagai idola. Anak zaman sekarang lebih mengidolakan Spiderman atau malah Spongebob,” ucapnya di acara yang diadakan Paguyuban Kawula Ingkang Ngayogyakarta Hadiningrat tersebut.

Kompas, 29 Desember 2009

Iklan

Satu pemikiran pada “Pangeran Mangkubumi, Figur yang Mesti Ditiru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s