Sel Tumor Mampu Meregenerasi Sendiri


Riset menunjukkan, sel tumor ternyata tak hanya mampu menyebar ke seluruh tubuh dengan cara mengirimkan sel yang sangat kecil atau disebut juga dengan benih, namun mereka juga mampu mengubah diri menjadi benih. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjelaskan mengapa tumor bisa muncul dan menyebar meski mereka sudah dimusnahkan.

Para peneliti dari Amerika Serikat mengatakan, hasil penelitian ini juga diharapkan membantu para ahli untuk mengembangkan obat yang mampu menghentikan proses penyebaran kanker atau metastasis.

“Sel tumor yang sudah menyebar bisa berubah menjadi koloni tumor awal dalam proses yang kami sebut sebagai “menjadi benih tumor kembali,” kata Joan Massague dari Memorial Sloan-Kettering Cancer, New York, AS.

“Kini kami berhasil menemukan bahwa tumor bisa menangkap kembali anak-anaknya yang paling bandel, sehingga mereka mampu menjadi sel yang lebih agresif menyebar, lebih kuat, dan kokoh,” kata Massague.

Pada beberapa kasus, tambah Massague, mungkin terapi pengobatan kanker bisa dilakukan dengan membiarkan jaringan yang terinflamasi dan pernah menjadi rumah sel tumor dibiarkan saja sementara waktu.

“Kami menduga sel tumor akan kembali masuk dalam sirkulasi tubuh dalam waktu seminggu atau sebulan pasca tindakan operasi dan lewat proses menjadi benih kembali ini mereka akan menempati jaringan awal dan memproduksi sel tumor,” papar Massague.

Dalam risetnya Massague dan timnya menggunakan mencit di laboratorium yang sudah diinjeksi dengan sel kanker payudara. Sel ini secara genetik sudah didesain agar mampu menyala di bawah lampu ultraviolet sehingga para peneliti mampu melacak penyebaran sel ini dalam tubuh mencit. Para peneliti menemukan, sistem imun mengeluarkan semacam zat kimia sebagai sinyal untuk memanggil rumah sel tumor.

Kompas, 30 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s