“Brotherhood” Akan Melestarikan Sejarah Jalan Braga


Perkumpulan organisasi motor tua “Brotherhood” akan melestarikan legenda “Braga Weg” dalam gelaran Brotherhood Braga Fest 2009  yang akan digelar 12 hingga 12 Desember mendatang.

Presiden Bikers Brotherhood, Budi Dalton, di Bandung, Selasa menuturkan, jalan Braga kota Bandung merupakan legenda bagi masyarakat Bandung.

Pihaknya akan menjaga nilai historis jalan Braga agar tidak tergerus oleh keangkuhan pembangunan yang perlahan mengancam kemusnahan nilai heritage-nya.

Menurutnya, jalan Braga atau Braga Weg tidak bisa dipisahkan dari perkembangan sejarah Bandung. Sepanjang jalan ini adalah cerminan dari urat nadi perekonomian kota Bandung sebagai transaksi para pengusaha di era tahun 1800-an.

“Dari sinilah kelak pundi-pundi mereka menumpuk seiring dengan berdirinya fasilitas ekonomi dan hiburan,” ujarnya.

Budi menambahkan, Brotherhood berkomitmen selalu tampil menjadi yang terdepan disegala bidang sebagai sumbangsihnya terhadap negeri tercinta Indonesia.

“Seni dan Budaya adalah akar rumput bangsa Indonesia yang kelak membuat kita besar, kuat dan dihormati bangsa asing,” ujarnya.

Bila seni dan budaya itu luntur, kata Budi, maka runtuhlah negara ini. Budi menambahkan, melalui Brotherhood Braga Bike Fest 2009, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat khususnya Bandung untuk bahu membahu menjaga nilai sejarah jalan Braga agar tetap langgeng.

“Mungkin banyak hal yang bisa dilakukan oleh seluruh masyarakat, pemerintah serta organisasi lainya untuk menjaga kelestarian seni dan budaya. Namun kami punya cara sendiri,” ujarnya.

Lebih jauh Budi menambahkan, caranya seperti Bikers Brotherhood yang merupakan sebuah klub motor tua yang menjunjng tinggi persaudaraan untuk selanjutnya diimplementasikan kedalam bidang kegiatan.

“Di antaranya Brotherhood for Culture untuk pelestarian seni dan budata sebagai bagian dari tujuh program Brotherhood untuk Indonesia,” katanya.

Acara Brotherhood Braga Bike Fest 2009 akan menghadirkan beragam acara seperrti bazzar, live musik, fashion show, hell’s driver show, kontws costumbike dan classic bike dan masih banyak lagi.

Selain itu gelaran ini dipastikan akan dihadiri oleh ratusan bikers dari berbagai komunitas baik dari Bandung ataupun berbagai daerah indonesia.

Kompas, 09 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s