Situs Kanjuruhan Belum Diapa-apain


Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, dinilai lambat menangani penemuan situs Kerajaan Kanjuruhan, sebab hingga saat ini belum ada tindakan penyelamatan terhadap penemuan itu.

Arkeolog dari Universitas Negeri Malang Dwi Cahyono, Rabu (21/10), menyatakan, pihak pengembang selaku pemilik lahan di mana situs itu ditemukan telah mempersilakan Pemkot Malang mengambil tindakan. Namun berdasarkan pantauannya hingga hari ini, tindakan itu belum ada.

“Tindakan penyelamatan terhadap penemuan situs itu tidak dilakukan, padahal  pengembang sudah membuka diri,” katanya. Kelambanan ini dikhawatirkan akan menyebabkan lokasi penemuan situs hancur seperti dalam temuan sebelumnya.

Dikatakan Dwi, kehancuran situs hanya menunggu waktu, sebab pemilik lahan tempat penemuan situs akan terus bergerak melakukan pembangunan perumahan jika pemkot tidak bertindak. “Saya kira ini mendesak agar dilakukan tindakan, atau hancur dan hanya tinggal cerita,” katanya.

Ia juga menyayangkan langkah yang diambil Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan Pemprov Jatim. Sebab, BP3 Trowulan hanya menghubungi dirinya terkait penemuan, tanpa menindaklanjuti temuan ini.

Nasib penemuan situs ini dikhawatirkan akan sama seperti penemuan situs sebelumnya pada tahun 80-an di kawasan Sarana Tidar Indah, Malang yang akhirnya hancur dan rata menjadi perumahan karena keterlambatan pemkot mengambil tindakan tegas.

Dalam sepekan terakhir, di Kota Malang ditemukan dua situs cagar budaya peninggalan Kerajaan Kanjuruhan. Hari Kamis (15/10) lalu ditemukan struktur pondasi dan pecahan gerabah di Jalan Tata Surya. Lalu pada hari Sabtu (17/10) ditemukan pondasi dari sebuah rumah di masa Kerajaan Kanjuruhan di kawasan Jalan Dinoyo, atau 500 meter di sisi barat Universitas Islam Malang (Unisma).

Kompas, 21 Oktober 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s