Pemkot Samarinda Nilai Film Suster Keramas Wajar


Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur, menilai film “Suster Keramas” masih dalam batas kewajaran.

“Film itu tidak terlalu vulgar seperti yang dikhawatirkan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda, Laksmi Edmond, usai menyaksikan film “Suster Keramas” di Studio 21 Samarinda Central Plasa (SCP), Kamis.

Namun, pemerintah Kota Samarinda ,lanjut Laksmi Edmond,  tidak mengenyampingkan adanya reaksi sebahagian masyarakat, termasuk pernyataan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Samarinda, KH. Zaini Naim yang menolak pemutaran film garapan Maxima Pictures itu. “Kita juga tidak boleh menafikan adanya reaksi masyarakat dan penolakan MUI Samarinda,” katanya.

“Namun, kita juga harus mempertimbangkan bahwa film” Suster Keramas’ telah mendapat izin dari Jakarta dan sudah lolos sensor. Jadi, masalah ini harus dicarikan solusi agar tidak ada pihak yang merasa dirugi kan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Samarinda itu.

Pemerintah Kota Samarinda ,kata Laksmi Edmond , belum bisa mengambil keputusan terkait larangan MUI tersebut. “Kami juga tidak mungkin meminta MUI mencabut pernyataannya dan tidak akan gegabah memberi izin penayangan film itu. Namun, Pemerintah Kota Samarinda akan melakukan pertemuan untuk membahas apakah film itu boleh diputar atau tidak,” ungkap Laksi Edmond.

Seleksi penonton
Salah satu usulan yang akan ditawarkan Pemkot Samarinda dalam pertemuan dengan pihak MUI, Front Pembela Islam (FPI) Samarinda, kepolisian serta berbagai elemen masyarakat lainnya yakni, seleksi ketat terhadap penonton.

“Sebenarnya, jika aturan mengenai pembatasan usia penonton untuk film-film tertentu, saya yakin masyarakat tidak akan langsung bereaksi jika ada film yang dianggap berbau porno,” katanya.

“Dalam waktu dekat kami akan upayakan ada keputusan terkait boleh tidaknya film i

Kompas, 31 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s