Profil Facebook Bisa Menjelaskan Kepribadian Pria


Ketika sebagian orang mulai bosan dengan Facebook, sebagian yang lain ternyata masih tergila-gila dengan aktivitas ini. Bila Anda mengenal seorang pria (atau kekasih Anda) yang masih sering Facebook-an sepanjang hari, coba manfaatkan hal ini untuk mengenali kepribadiannya.

Menurut Carol Tuttle, penulis It’s Just My Nature! A Guide to Knowing and Living Your True Nature, mengatakan bahwa apa yang Anda posting pada situs jejaring sosial ini, dan bagaimana Anda menggunakannya, dapat menggambarkan dengan jelas diri Anda. Ingin tahu bagaimana hasil pengamatannya?

Profile photo-nya
“Ketika menilai foto profil seseorang, ingatlah bagaimana ia menggunakan Facebook,” papar Leora Israel, kepala public relations and distribution untuk perusahaan media sosial Vayner Media. “Beberapa orang menggunakannya untuk bisnis, lainnya untuk bersenang-senang, yang lain untuk mencari teman-teman lamanya. Jika seorang pria memiliki foto profil yang membosankan, itu tidak berarti dia membosankan. Mungkin dia hanya ingin terhubung sebagai “friends” dengan atasannya.”

Foto profil saat dugem
Hal ini tidak melulu berarti ia senang dugem. Apakah ia memegang botol bir? Ia mungkin memang senang dugem. Dan hal ini tidak menjadi masalah, kecuali usianya seharusnya menunjukkan  ia tak lagi berkeliaran di tempat-tempat tersebut. Jika pria ini sudah tak pantas menonton episode awal serial Doogie Howser, namun masih mencoba menunjukkan bahwa ia biang pesta, menurut Israel ia mungkin sedang jomblo.

Foto profil dengan selebriti
Ketika pria berpose dengan seorang bintang, Israel menilai hal ini sebagai tindakan cerdas. “Hal ini akan menunjukkan ia berhasil melintasi area profesional dan pribadi. Ia terlihat cool karena telah bertemu orang-orang terkenal, dan memberikan Anda kesempatan untuk melihat minatnya,” katanya.

Ia sering meng-update status
Apakah ia sering meng-upload foto dan mengubah status updates-nya? “Mem-posting secara teratur menunjukkan bahwa pria ini senang berbicara, dan suka berinteraksi. Ia senang terhubung secara sosial,” jelas Tuttle. Di pihak lain, Israel punya pendapat lain. “Saya mau kabur jika ia menarasikan hidupnya melalui Facebook. Saya tidak ingin tahu apa yang dinikmatinya saat makan siang, kecuali itu sandwich terenak yang pernah ada,” katanya.

Makna status updates-nya
Status adalah salah satu kunci kepribadiannya yang paling jelas. Bagaimana pun juga, orang yang meng-update status berarti menuliskan pesan-pesan yang ingin di-share dengan bebas, jadi lebih baik Anda berhati-hati. “Posting yang isinya menggerutu atau mengkomplain sesuatu artinya ia orang yang butuh perhatian, dan tidak bisa mengatasi hidupnya,” kata Tuttle. Sedangkan jika ia selalu mengkritik orang lain atau situasi tertentu, ia mungkin tipe pria yang selalu merasa benar.

Ia sering mengikuti quiz
“Jika ia mem-posting skor quiz-nya yang tinggi, dan hasilnya membuatnya terlihat hebat, artinya dia tipe kompetitif dan suka tantangan,” tukas Tuttle. Misalnya saja, ia bangga karena meraih skor 98 persen dari quiz “How Much Do You Know About Jaws: The Revenge?” dan “Really, Really Weird ’80s Trivia”. Artinya pria ini memiliki sifat yang lebih aktif, tetapi kurang sensitif terhadap detail seperti apa yang akan diberikannya pada ulang tahun pasangan. Namun jika ia sudah punya ide yang membuatnya excited, ia tak akan mengecewakan Anda.

Ia punya ribuan teman
Ada dua kemungkinannya: ia memang senang berteman dan punya jaringan yang luas. Orang ini sangat optimistik dan terbuka terhadap kesempatan-kesempatan baru. Kemungkinan lainnya, ia hanya ingin dianggap punya banyak teman. Menurut Tuttle, orang yang menambahkan banyak teman yang sebagian besar mungkin tidak dikenalnya, hanya berkampanye untuk menjadi Mr. Populer.

Ia selalu menambahkan teman wanita
Hati-hati jika kekasih baru Anda adalah seorang pengumpul teman, khususnya jika teman-teman barunya kebanyakan wanita cantik. “Banyak lho, pria yang mem-browse teman-teman sahabatnya untuk mencari wanita-wanita cantik dan menambahkannya sebagai teman,” kata Israel. Hal ini bisa mengarah pada “poking” dan flirting via Facebook chat, dan ini membahayakan hubungan Anda.

Temannya hanya sedikit
Hal ini tidak berarti ia seorang yang kuper. Bahkan, hal ini bisa merupakan pertanda baik. “Pria yang daftar temannya hanya sedikit bisa berarti sangat setia. Temannya tak banyak, namun ia punya hubungan yang dalam dengan mereka,” jelas Tuttle. “Ia tidak membiarkan banyak orang mengetahui perasaannya yang sebenarnya; namun ketika ia melakukannya, ia bisa sangat jujur. Orang seperti ini tidak suka bermain-main.”

Daftar temannya yang terbatas juga menunjukkan bahwa ia tidak suka menghabiskan waktunya untuk Facebook-an. Ia lebih suka melakukan aktivitas sesungguhnya di dunia nyata.

Photo album-nya
Membolak-balik album fotonya akan memberikan gambaran yang jelas mengenai kepribadian seorang pria. Ia menyisihkan waktu untuk memilih-milih foto, membuat caption, dan men-tag teman-temannya. Lihat pula jenis fotonya. Foto-foto perjalanan menandakan ia suka traveling. Foto-foto keponakan menunjukkan bahwa keluarga sangat penting buatnya. Sedangkan foto-foto pernikahan seorang temannya memperlihatkan bahwa ia menghargai persahabatan. “Jika ia mempunyai banyak group photo, itu artinya dia senang berhubungan dengan orang lain, dia sungguh-sungguh, dan sensitif,” kata Tuttle.

Ia memainkan games Facebook
Kita semua pasti suka main games sesekali. Tetapi pria yang sering memainkan games FB umumnya suka bersenang-senang. Kemungkinan, ia juga sedikit kurang bertanggung jawab, karena mengambil jam kantor untuk main games. “Paling menjengkelkan ketika pasangan mengatakan betapa sibuknya dia di kantor, tetapi ketika Anda melihat profil Facebook-nya, ternyata ia membuat skor tertentu pada permainannya, pukul 14.00,” ujar Israel.

Kompas, 04 Januari 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s