Biografi Sarwono Prawirohardjo dan Soedjono D Poesponegoro Diterbitkan


Potret perjalanan hidup dan peran besar dua ilmuwan Indonesia akan diluncurkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), hari Selasa (15/9). Kedua buku yang diterbitkan itu berisi biografi Prof. Sarwono Prawirohardjo (Ketua LIPI pertama) dan Prof. Soedjono Djoened Poesponegoro (Menteri Riset pertama).

Buku biografi untuk kedua tokoh ilmuwan tersebut berjudul “Sarwono Prawirohardjo Pembangunan Institusi Ilmu Pengetahuan Indonesia” yang ditulis Asvi Warman Adam dan “Tahun Penuh Perjuangan Soedjono Djoened Poesponegoro” yang ditulis Dhurorudin Mashad.

Kepala LIPI Umar Anggara Jenie di Jakarta, Senin (14/9), mengatakan kedua kiprah tokoh tersebut dalam meletakkan landasan dan membangun institusi keilmuan, serta awal kehidupan dan perjalalanan ilmu pengetahuan di Indonesia harus dicatat dalam sejarah untuk diketahui generasi ilmuwan selanjutnya.

Pr of Sarwono dalam biografinya mengatakan kepedulian terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi seyogyanya diperlihatkan pemerintah dengan tingkat persentase anggaran. Petrlu juga diberikan tunjangan fungsional kepada segenap peneliti yang telah mengabdikan diri bagi kemajuan bangsa.

Prof Soedjono yang merupakan seorang tokoh kedokteran dinilai sebagai pemabngin institusi dunia kedokteran Indonesia.

Kompas, 14 September 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s