Lebih Untung Kuliah di Malaysia?


Kuliah di Malaysia banyak keuntungannya, mulai dari biaya kuliah yang lebih murah, biaya hidup terjangkau, budaya yang sama, serta kualitasnya.

Setidaknya itulah yang dikatakan oleh Direktur Pejabat Promosi Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta Darsham Daud PhD. Darsham mengungkapkan, banyak kemudahan diperoleh jika berkuliah di Malaysia.

“Dibandingkan di negara lain di luar negeri, kuliah di Malaysia murah, dan Anda akan dipastikan mendapat jaminan kualitas pendidikan dari badan sertifikasi,” kata Darsham di hadapan siswa SMA, mahasiswa, guru, hingga pegawai dan karyawan di Pameran dan Seminar Pendidikan Malaysia di Puri Maharaja Room, Hotel Sahid, Rabu (2/12).

Perwakilan duta besar itu menjelaskan dengan detail kemudahan-kemudahan yang akan diperoleh jika berkuliah di Malaysia. Harga tiket pesawat misalnya, Darsham menjelaskan, dari Makassar saat ini sudah ada layanan trip langsung ke Kualalumpur. Bahkan, menurutnya, harga tiket pesawat Makassar-Kualalumpur lebih murah daripada Makassar-Jakarta.

“Selain harga tiket, perhatikan kurs mata uang. Satu ringgit Malaysia nilainya hanya Rp 2.750, bandingkan dengan kuliah di Singapura yang dengan 1 dolar Singapura sama dengan Rp 6.700. Atau bandingkan pula dengan poundsterling Inggris, dolar Amerika Serikat atau Australia,” jelasnya.

Darsham, yang sudah berada di Indonesia selama lima tahun ini, menguraikan segala kemudahan lainnya. Tentang pendekatan budaya yang sama-sama berasal dari ras Melayu, mayoritas warga yang muslim, posisi yang dekat, serta juga aman. Bahkan, kedekatan antara suku dibuktikan dengan banyaknya orang Malaysia yang leluhurnya adalah etnis Bugis-Makassar, termasuk Perdana Menteri Malaysia Datuk Tun Abdul Razak, yang merupakan keturunan Sulawesi Selatan.

Visa

Hal lain yang juga menjadi kelebihan Malaysia adalah mengurus visa belajar. Artinya, mahasiswa asal Indonesia tak perlu susah-susah mengurus visa. “Jika Anda diterima, pihak universitas yang akan mengurus visa belajar Anda. Tidak perlu repot-repot,” jelas Darsham.

Sementara itu, yang mungkin bisa menjadi daya tarik untuk menuntut ilmu di Negeri Jiran ini adalah mahasiswa diberikan kesempatan untuk bekerja sampingan, selain mengikuti perkuliahan.

“Jadi, jika Anda tertarik kuliah di sana dan minim kantong, nantinya bisa kuliah sambil kerja. Anda bisa mendapat 300-400 ringgit untuk sebulannya. Selain itu juga banyak diberikan beasiswa,” urainya.

Kompas, 03 Desember 2009

Iklan

Satu pemikiran pada “Lebih Untung Kuliah di Malaysia?

  1. maaf.. kalo untuk biaya kuliahnya itu sendri..s1 misalnya ?? kisaran per semester nya brp yah ??tlg di info..saya ingin skali kuliah dmalaysia..tp dgn harga kuliah yg sma dgn universitas murah lain di indonesia 😉

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s