Studi di AS, Berapa Uang Sakunya?


Mendapatkan beasiswa fullbright ke Amerika Serikat (AS) tentu sangat beruntung, karena benar-benar tidak keluar uang. Tetapi beasiswa langsung dari universitas? Anda harus merogoh kocek dulu!

Skema beasiswa pada jenis fullbright memang tidak membuat penerimanya mengeluarkan uang sama sekali. Mulai dari bermacam biaya tes, ongkos perjalanan, biaya hidup, dan biaya kuliah sudah diurus oleh pemberi beasiswa.

Sementara itu, jika beasiswa diberikan langsung oleh universitas, penerima beasiswa akan mengeluarkan uang lebih dulu, dan akan dikembalikan kemudian di tahun pertama perkuliahan berlangsung.

Biasanya, perhitungan ganti uang tersebut tergantung dari pola hidup masing-masing individu penerima beasiswa dan besaran biaya hidupnya di kota bersangkutan tempatnya menimba ilmu. Biaya-biaya awal yang biasa dibutuhkan oleh penerima beasiswa universitas itu antara lain:

– biaya tes TOEFL dan GRE

Di Indonesia, besaran biaya TOEFL dan GRE bisa dilihat di banyak situs milik lembaga penyedia layanan tes tersebut dengan bermacam variasinya. Di AS, rata-rata besaran biaya tes TOEFL saat ini antara 150 dolar AS atau sekitar Rp 1.410.000. Biaya TOEFL atau GRE bisa dilihat di www.ets.org/portal/site/ets/menuitem.3a88fea28f42ada7c6ce5a10c3921509/.

– biaya visa pengajuan visa

Bisa dibayarkan dalam bentuk rupiah, biaya pengajuan visa sebesar 131 dolar AS atau sekitar Rp 1.300.000. Biaya dan persyaratan pengajuannya bisa dilihat di www.usembassyjakarta.org/.

– biaya transportasi ke AS

Biaya perjalanan dengan pesawat ke AS bervariasi dan selalu mengikuti harga terkini. Mengikuti kisaran harga tiket tahun lalu, harga tiketnya senilai antara 900 sampai 950 dolar AS atau sekitar Rp 8.460.000 sampai Rp 8.930.000. Untuk itu, jangan ragu mencari informasi penawaran harga termurah dan kisaran biaya itu di agen-agen perjalanan

– biaya hidup di awal kedatangan

Biaya hidup di bulan pertama menetap mutlak dipersiapkan. Bukan apa-apa, karena pada umumnya beasiswa dari universitas baru dikeluarkan sekitar dua minggu sampai satu bulan kemudian. Besarannya pun bervariasi, tergantung di kota mana Anda berada.

Ambil contoh di Kota Atlanta. Dengan banyak keunggulan sebagai sebuah kota idaman, mulai dari biaya hidup yang murah sampai berbagai acara musik dan kebudayaan yang sering digelar di Piedmont Park. Disebut murah, karena sebuah apartemen satu kamar bisa didapatkan dengan harga sewa sekitar 500 sampai 700 dolar AS perbulan. Di kota ini, Anda sudah lebih dari cukup jika menyiapkan antara 1.000 sampai 1.500 dolar AS.

Namun, dibandingkan dengan Boston yang “dikelilingi” sekitar 40 buah perguruan tinggi ternama, tidak heran kota ini menjadi sempurna dan mewah untuk kalangan pelajar dengan gaya hidup anak-anak kota “Amrik” yang umumnya juga “wah”. Di sini, Anda tentu perlu menyiapkan kocek hingga 2.000-3.000 dolar AS. Bersiap-siaplah untuk benar-benar mengirit!

Kompas, 16 November 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s