5 Tips Kulit Sehat


Ingin kulit sehat selalu? Lakukan perawatan luar dalam secara rutin.

Rutinitas memulai hari, kali ini agak terganggu dengan jerawat yang tiba-tiba muncul plus kulit kusam yang makin jelas tergambar di wajah. Pernah mengalami “drama” seperti tadi? Kulit sehat, bersih dan berseri, memang menjadi dambaan perempuan. Tak sedikit yang merasa akan lebih percaya diri seandainya kulitnya seperti tadi.

Lalu bagaimana dengan kesibukan mengurus keluarga, setumpuk pekerjaan, hingga tagihan membumbung yang harus dibayar? Masih mungkinkah melakukan perawatan wajah? Jawabannya, bisa. Lebih jelasnya, yuk ikuti tips berikut ini.

Lindungi Dari Sinar Matahari
Membiarkan kulit terpapar sinar matahari sama sekali bukan keputusan yang cerdas, apalagi pada pukul 10 pagi hingga 4 sore. Ini adalah saat dimana sinar matahari memancarkan panas yang tidak bagus bagi kulit. Hindari hal ini, jika tidak ingin kerutan, bintik-bintik, kulit kering, hingga kanker kulit muncul.

Caranya adalah dengan memakai krim pelindung anti ultra violet, pelembap, dan pakaian yang melindungi kulit. Kalau perlu, jangan segan membawa payung kecil ke manapun. Untuk sunblock, pakailah kira-kira 30 menit sebelum keluar rumah lalu oleskan kembali dua jam sekali, jika berkeringat atau basah karena air.

Stop Merokok
Tahukah Anda? Merokok membuat wajah terlihat lebih tua dan memungkinkan keriput lebih cepat muncul di wajah. Pasalnya menghisap rokok akan mengganggu kerja pembuluh darah yang berfungsi menyalurkan makanan (nutrisi dan oksigen) yang diperlukan kulit.

Selain itu, rokok juga merusak kolagen dan elastin (serat yang membuat kulit lebih kuat dan kenyal). Yang lebih menyeramkan lagi, gerakan saat merokok juga berpengaruh pada kerut muka wajah. Cara terbaik menghindarinya? Berhentilah merokok dan kulit sehat lebih mudah didapat.

You Are What You Eat
Kalimat di atas, bisa diartikan apa yang Anda makan, itulah yang membentuk Anda. Jadi, kulit sehat juga tergantung pada asupan yang dimakan, yang kemudian dicerna oleh tubuh, dan diperlihatkan hasilnya (salah satunya) lewat kulit.

Mulai sekarang, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin A, karena bisa memperbaiki dan menjadi jaringan kulit. Vitamin C juga bagus untuk kulit karena mengandung antioksidan dan vitamin B yang membentuk sel kulit, rambut, juga kuku. Makanan yang mengandung asam lemak esensial seperti ikan, gandum, dan kacang juga bagus bagi kulit. Mulai sekarang, jangan tunda lagi mengonsumsi banyak buah, sayur, gandum, dan protein.

Tabloid  Nova, 30 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s