Bangunan Pendukung Candi UII Masih Dicari


Balai Peninggalan dan Pelestarian Purbakala (BP3) Yogyakarta saat ini masih berupaya mencari bangunan pendukung candi yang ditemukan di area pembangunan gedung perpustakaan kampus Universitas Islam Indonesia (UII) di Jalan Kaliurang, Sleman.

“Sampai saat ini kami masih berupaya mencari pendukung bangunan ke dua yang merupakan bangunan perwara, karena dalam konsep arkeologi jika ditemukan adanya bangunan utama pasti ada dua bangunan perwara,” kata ketua tim ekskavasi BP3 Yogyakarta. Indung Panca Putra, Sabtu (2/1/2010).

Menurut dia, setelah melakukan penggalian lebih dari 25 kotak uji, pihaknya mendapat kesimpulan bahwa penemuan candi terbilang unik. “Keunikan dari candi ini adalah setelah digali ditemukan arca Ganesha dan lingga-yoni dalam satu bangunan, di mana ini tidak lazim ada pada bangunan candi Hindu,” katanya.

Ia mengatakan, selain memiliki keunikan yakni jadi satunya arca ganesha, lingga da n yoni dalam satu ruangan, di pintu masuk ruangan juga terdapat ornamen berupa relief manusia yang di sebelahnya terdapat sekumtum bunga teratai.

“Selain itu secara fisik bangunan candi ini memiliki dinding dengan profil yang sangat sederhanan dengan tidak banyak hiasan,” katanya. Indung mengatakan, meski demikian secara sistem pengerjaan terbilang sangat bagus, terbukti dari pahatan yang sangat halus sehingga alur dari rambut ganesha benar-benar kelihatan.

“Bahkan ornamen jenis suluran juga tampak jelas kelihatan bentuknya serta antefik dengan ornamen jenis kalla yang berfungsi sebagai penolak bala  yang berada di dinding utara,” katanya.

Kompas, 02 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s