Indonesia Ranking Ketiga Negara Rawan Banjir


Indonesia menempati urutan ketiga di dunia sebagai negara rawan bencana setelah India dan China.

Hal itu diungkapkan peneliti pada Pusat Studi Bencana Alam (PSBA) Universitas Gadjah Mada Muhammad Aris Marfai, Selasa (29/12).

Dalam seminar Hasil Kegiatan Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan bekerja sama dengan Departemen Sosial, Marfai mengatakan banjir di India dan China disebabkan oleh luapan sungai dan laut. Sedangkan di Indonesia lebih banyak disebabkan oleh luapan sungai.

Meski demikian ia memprediksi banjir dari meluapnya air laut dipastikan akan melanda Indonesia di masa mendatang seiring adanya perubahan iklim global. “Banjir laut sekarng sudah mulai melanda Semarang dan Jakarta,” tegasnya.

Staf pengajar Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada (UGM) itu menambahkan, sering munculnya bencana banjir di Indonesia antara lain disebabkan faktor kondisi curah hujan tinggi, sebagian tanah tidak lagi mampu menyerap air dengan baik, dan perubahan penggunaan
tanah.

Untuk mengurangi risiko bencana, ujarnya, banyak hal yang bisa dilakukan dengan persiapan mitigasi bencana, struktural, pengelolaan organisasi serta menjaga kawasan hulu sebagai kawasan resapan air.

Sementara itu, anggota peneliti PSBA Lies Rahayu WF lebih menyoroti pentingnya gerakan pendidikan kebencanaan agar ancaman bencana dapat diatasi dan risiko bencana dapat diminimalkan. Dalam implementasinya, ujarnya, dapat menggunakan bermacam media, berupa audio (siaran radio), visual (poster, leaflet, booklet, buku saku, berita surak kabar), dan audio visual.

Media Indonesia, 29 Desember 2009

Iklan

2 pemikiran pada “Indonesia Ranking Ketiga Negara Rawan Banjir

  1. emang sihhhh…si indnesia rangking 3 tpi kita sebagai warga indonesia itu krna warga indonesia kurang mencintai alam dan bersikap seenaknya ….jdi memang kita harus lebih pda negara sendiri I LOVE INDONESIA but I DIDN’T LOVE EXTHINGS

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s