Teleskop NASA Temukan Lima Exoplanet


Teleskop Kepler milik Badan NASA menemukan lima exoplanet baru.Penemuan ini membuat Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) itu makin optimistis bahwa Kepler mampu mencapai target lain di bidang sains.

Setelah penemuan air di bulan dan danau metana di permukaan bulan terbesar planet Saturnus,Titan,kini proyek NASA kembali menuai kebanggaan. Pada pertemuan American Astronomical Society di Washington DC,NASA memberikan keterangan bahwa teleskop luar angkasa Kepler berhasil mendeteksi keberadaan lima exoplanet. Kata “exoplanet”mungkin tampak asing bagi masyarakat awam. Jika dijelaskan secara singkat, exoplanet merupakan planet yang mengorbit bintang selain matahari di luar sistem tata surya. Kini, kelima exoplanet telah diberi kode, yaitu Kepler 4b, 5b, 6b, 7b,dan 8b.

Penemuan exoplanet ini turut meningkatkan gairah NASA untuk menguak misteri luar angkasa yang lain.“Pahlawan”NASA kali ini, teleskop Kepler bahkan diyakini sebagai perangkat canggih yang akan mampu menemukan planet lain yang mirip dengan Bumi. Misi Kepler NASA dimulai 6 Maret 2009. Saat itulah teleskop Kepler yang diletakkan di atas roket Delta II diluncurkan menembus atmosfer dari Air Force Station, Tanjung Canaveral. Proyek ini dirancang untuk meneliti dan memberikan citra 150.000 bintang demi menemukan planet yang serupa dengan pusat tata surya kita,matahari. Kemarin, pejabat NASA memberikan keterangan seputar penemuan exoplanet. Menurut NASA, tujuan utama misi Kepler adalah untuk memastikan apakah kita benar-benar “sendiri” di galaksi Bima Sakti.

“Kelima planet seukuran Yupiter tersebut merupakan planet pertama yang terdeteksi oleh teleskop Kepler,” ungkap pejabat NASA. Kelima planet–yang kemudian disebut dengan “hot Jupiter” memiliki ukuran rata-rata sebesar planet Neptunus, bahkan lebih besardaripada Yupiter.Waktuorbitnya berkisar antara 3,3 hari hingga 4,9 hari.Suhu udara planet menembus angka 1.200 hingga 1.650 derajat Celsius.Temperatur yang cukup panas ini diyakini mampu melelehkan timah atau besi.

“Planet-planet yang kami temukan menyimpan panas melebihi lava yang meleleh,” ujar pejabat Ames Center NASA di Moffet Field, California. Dia menambahkan, suhu panas kelima planet ini layaknya tungku perapian yang apinya sedang membara. Sebab itulah, kelima planet ini tidak bakal didiami oleh manusia.

Harian Seputar Indonesia, 06 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s