Yogi Sedunia Dukung Isu Pemanasan Global


Ratusan yogi (orang yang mahir yoga; ahli/guru yoga) dari berbagai negara di belahan dunia, yang ikut dalam Yoga Festival Internasional di Bali, akan memberikan sumbangan pemikiran dalam menghadapi pemanasan global.

“Para yogi yang datang dari India, Eropa, Amerika Serikat, dan negara-negara di kawasan Asia akan memberikan solusi, apa yang harus dilakukan umat manusia menghadapi pemanasan global tersebut,” kata Ketua Bali-India Foundation Dr Somvir di Denpasar, Minggu (27/12/2009).

Para yogi juga dengan cara masing-masing akan melakukan usaha yang maksimal agar pemanasan global tidak berakibat fatal.

International Bali-India Yoga Festival akan digelar di Pulau Dewata, 3-10 Maret 2010, melibatkan sekitar 1.500 yogi dari mancanegara. Kegiatan bertaraf internasional yang kedua kali ini, salah satu di antaranya diskusi para yogi dan para ahli mencari solusi menghadapi pemanasan global.

Ke giatan tersebut akan digelar di Banjar Gunung Sari, Desa Tegal Linggah, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali utara, 80 km utara Denpasar.

“Umat manusia selama ini menghormati ibu pertiwi (tanah). Untuk itu wajib dan menjadi tanggung jawab untuk menjaga kelestarian lingkungan, melakukan gerakan penghijauan dan menghindari pembangunan gedung-gedung bertingkat,” kata Somvir.

Setiap jengkal tanah harus ditanami yang mampu memberikan manfaat bagi kehidupan umat manusia ataupun menyelamatkan dunia beserta isinya.

“Kawasan hutan yang lestari dalam batasan yang ideal akan mampu mencegah terjadi banjir, tanah longsor maupun kekeringan,” ujar Dr Somvir.

Kompas, 27 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s