76 Persen Pasien Operasi Sinus Membaik


TUJUH puluh enam persen pasien yang menjalani operasi sinus kronis mengalami peningkatan kualitas hidup yang signifikan selebihnya mengalami perbaikan. Chronic rhinosinusitis (CRS) merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan rasa sakit dan tekanan pada sinus, sakit kepala, pilek dan bersin.

“Temuan ini menguatkan keyakinan bahwa operasi sinus meningkatkan kualitas hidup pasien, baik secara klinis maupun ilmiah,” terang Dr. Jordan S. Josephson seorang pakar alergi dari Lenox Hill Hospital di New York City.

Dalam studi yang dipublikasikan di Otolaryngology — Head and Neck Surgery ini, peneliti Smith dari Oregon Sinus Center dan teman-temannya mempelajari 302 pasien CRS. Peneliti mengikuti perkembangan pasien hingga 18 bulan setelah operasi.

“Pasien ini paling tidak telah mengalami gejala selama 3 bulan dan memiliki bukti peradangan dan infeksi hidung serta sinus berkelanjutan,” terang Smith, seperti dikutip situs healthday.

Setelah menjalani operasi, 76 persen pasien secara klinis terbukti mengalami perbaikan hidup.

“Tapi bukan berarti setiap orang dengan CRS harus menjalani operasi. Anda bisa mencoba terapi medis. Jika gagal, operasi merupakan pilihan yang baik,” tutur Josephson.

Media Indonesia, 05 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s