9 Makanan yang Perlu Dihindari Selama Kehamilan


KEHAMILAN akan memperlemah sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, Anda mudah terserang penyakit dari makanan, yang sekaligus akan membahayakan bayi Anda. Karena itu, ada baiknya menghindari beberapa makanan yang bisa mengganggu kehamilan. Makanan apa saja? Berikut uraiannya untuk Anda.

Daging dan seafood mentah termasuk sushi. Daging dan seafood yang belum dimasak berisiko tinggi memicu listeria (infeksi bakteri Listeria monocytogenes) dan keracunan salmonella. Meskipun semua orang berisiko mengalami infeksi, sebagian besar  orang tidak merasakan gejala-gejalanya. Akan tetapi, sistem kekebalan tubuh yang melemah membuat perempuan hamil lebih berisiko. Listeria selama kehamilan bisa memicu kelahiran prematur atau keguguran.

Daing olahan termasuk hot dog. Semua jenis daging olahan berisiko terkontaminasi bakteri listeria, yang bisa memicu keguguran atau bayi meninggal saat lahir.

Seafood asap yang telah disimpan di lemari pendingin. Makanan ini juga berisiko terkontaminasi listeria. Tapi biasanya aman jika dimasukkan ke dalam makanan yang dimasak.

Telur mentah. Telur mentah berisiko mengandung salmonella. Selain telur mentah, ada baiknya teliti memilih dressing salad, mayonnaise atau es krim yang umum dibuat dari telur mentah. Ada baiknya menanyakan kepada petugas restoran. Jika ragu, lebih  baik dihindari.

Ikan dengan kandungan mercury tinggi. Hindari ikan kaya mercury seperti ikan hiu, ikan todak dan king mackerel. Selain itu, jaga agar asupan ikan tidak lebih dari 2 takar per minggu. Badan pengawas obat dan makanan Amerika (FDA) menganjurkan agar  perempuan hamil mengonsumsi tidak lebih dari 12 ounces ikan per minggu..

Keju lembut. Hindari keju lembut seperti Feta, Brie, dan Camembert cheeses, blue-veined cheeses,queso blanco, queso fresco dan Panela. Jenis ini aman dikonsumsi jika dilabel tertulis telah dimurnikan.

Hati. Hati kaya akan besi. Akan tetapi, hati juga tinggi vitamin A. Vitamin A dalam jumlah besar membahayakan keselamatan janin.

Susu dan jus yang belum dimurnikan. Produk susu yang tidak dimurnikan berisiko terkontaminasi listeria.

Alkohol. Konsumsi alkohol selama kehamilan berakibat buruk bagi kesehatan janin. Hal ini bisa menimbulkan gangguan seperti keguguran, bayi meninggal saat dilahirkan, serta gangguan perkembangan otak. Selama kehamilan, tidak ada takaran yang aman, Anda sebaiknya menghindari alkohol sepenuhnya. (OL-5)

Media Indonesia, 27 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s