Astronom Bingung soal Dua Benda Angkasa


Sebuah teleskop yang berburu planet baru telah menemukan dua benda misteri yang memiliki suhu terlalu panas untuk sebuah planet dan ukuran yang terlalu kecil untuk menjadi bintang.

Teleskop Kepler diluncurkan pada Maret lalu berhasil menemukan dua benda langit yang mengelilingi bintangnya masing-masing. Kepala ilmuwan Bill Borucki dari NASA mengatakan objek tersebut memiliki suhu ribuan derajat lebih panas daripada bintang-bintang yang mereka lingkarkan. Itu berarti mereka bukanlah sebuah planet. Mereka lebih besar dan lebih panas daripada planet dalam tata surya kita, tapi berukuran kecil.

“Alam semesta terus membuat hal-hal aneh di luar imajinasi kita,” kata Jon Morse, kepala astrofisika NASA.

Penemuan baru tersebut tidak begitu cocok dengan definisi yang diketahui oleh astronomi. Akibatnya, sejauh ini, dua benda itu belum memiliki klasifikasi. Rincian tentang objek misteri dipresentasikan, Senin (4/1), pada pertemuan American Astronomical Society di Washington.

Untuk saat ini, peneliti NASA Jason Rowe, yang menemukan benda ini, menyebutnya dengan hot companions. Panasnya sekitar 26.000 derajat Fahrenheit. Itu cukup panas untuk melelehkan timah atau besi.

Ada dua teori utama yang mungkin menjelaskan kegunaan objek tersebut dan teori itu mencakup keduanya dalam siklus kehidupan kosmik. Rowe menjelaskan kemungkinan mereka adalah planet yang baru lahir. Planet baru memiliki suhu yang sangat tinggi. Dalam hal ini, Rowe berspekulasi bahwa umur mereka mungkin baru 200 juta tahun. Ronald Gilliland dari Institut Space Telescope Science mengatakan mereka mungkin bintang kecil yang sekarat dan menanggalkan kulit terluarnya serta menyusut.

Fokus utama dari Teleskop Kepler dalam tiga tahun ini untuk mengetahui bagaimana planet-planet lain, khususnya planet mirip bumi, berada di alam semesta. “Akan ada bermacam-macam barang aneh di luar sana,” jelas Alan Boss dari Institut Carnegie Washington. “Ini adalah sekumpulan data yang tak tertandingi. Alam semesta benar-benar tempat yang aneh. Itu menakjubkan,” ujarnya.

Media Indonesia, 05 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s