Dosen UGM Temukan Alat Terapi untuk Penderita Hidrosefalus


Ahli bedah syaraf Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Sudiharto menemukan alat terapi untuk penderita hidrosefalus.

Alat yang sudah memiliki hak paten pada September lalu itu dikenalkan dengan nama sistem pirau katup semilunar.

Alat yang dipasang di dalam otak melalui bedah syaraf tersebut mampu mengurangi cairan otak dari volume awal. Alat berbentuk setengah lingkaran dan berbahan silikon elastomir berupa rubber yang terpasang bisa menolong pengeluaran cairan dari otak ke lambung.

“Selain untuk penderita hidrosefalus, alat tersebut juga dibutuhkan bagi penderita stroke, trauma kepala akibat kecelakaan, tumor otak, maupun radang otak,” kata Sudiharto yang juga peraih Anugerah Hamengku Buwono IX 2009, Rabu (23/12).

Ia menjelaskan, harga alat temuannya itu sangat murah. Untuk satu alat hanya membutuhkan biaya Rp1,5 juta hingga Rp 1,7 juta. Padahal, alat sejenis yang diimpor harganya mencapai Rp40 juta.

“Alat ini saya kembangkan sejak 1978 dan terinspirasi dari katup jantung. Alat ini sudah dipakai oleh lebih dari 7.000 penderita hidrosefalus. Mulai penderita berumur 11 hari hingga 65 tahun. Mereka tersebar di Yogyakarta, Purwokerto, Tangerang, Semarang, Bogor, hingga Medan,”
jelasnya.

Sudiharto menjelaskan, pengembangan teknologi kedokteran yang humanistik sangat membantu peningkatan pelayanan kesehatan di Indonesia. Karena itu, saatnya pemerintah memperhatikan riset dan penelitian di bidang kesehatan.

Ia berharap temuannya dapat membantu pasien kelas ekonomi menengah atau miskin. Apalagi, implant alat tersebut sudah masuk dalam skema asuransi kesehatan masyarakat miskin (Askeskin) dan jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas).

“Alat ini sangat bermanfaat. Selama itu, kita masih tergantung pada teknologi luar negeri. Pemerintah harus memberikan kesempatan lebih besar kepada warganya untuk bisa berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” katanya.

Media Indonesia, 23 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s