Hemat Listrik, Operator Gunakan BTS Bersama


Dalam rangka menghemat penggunaan listrik, operator telekomunikasi disarankan mulai menggunakan menara BTS (Base Transceiver System) bersama.

“Operator telekomunikasi akan dapat mereduksi biaya energi BTS sampai 54 persen,” kata CEO PT Tower Bersama Infrastructure Herman Setya Budi di Jakarta, Jumat (4/12). “Teknologi dimungkinkan untuk itu, tinggal kemauan operator memanfaatkannya.”

Menurut Herman, PT Tower Bersama Infrastructure belum lama ini menyelenggarakan Workshop ‘Layanan Manajemen Energi’ bagi para operator telekomunikasi di Indonesia.

Herman mengatakan, penyelenggaraan workshop ditujukan untuk menjawab kebutuhan energi para operator telekomunikasi di lokasi-lokasi yang minim ketersediaan jaringan listriknya.

“Kami adalah perusahaan infrastruktur telekomunikasi swasta di Indonesia, yang menyediakan solusi infrastruktur telekomunikasi lengkap beserta layanan pengoperasian dan pemeliharaannya bagi operator seluler,” kata Herman.

Operator tidak perlu khawatir dalam kerjasama itu, karena perusahaan telah menyiapkan manajemen energi bagi operator yang nantinya ingin ikut fasilitas tersebut.

“Layanan infrastruktur yang ditawarkan mencakup penyewaan tower dan Distributed Antenna System (DAS) bagi Operator seluler melalui solusi
build-to-suit dan collocation,” jelasnya.

PT Tower Bersama Infrastructure juga menawarkan layanan jasa dan sarana penunjang telekomunikasi meliputi desain dan perencanaan, pembangunan infrastruktur, pemeliharaan infrastruktur, managemen infrastruktur, termasuk jasa managemen energi.

Sejak didirikan pada 2004, PT Tower Bersama Infrastructure telah memiliki dan mengoperasikan 1.200 tower dan DAS sites serta akan terus menambah dan memperluas layanannya.

Media Indonesia, 04 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s