Hubble Tangkap Gambar Alam Semesta saat Balita


The Hubble Space Telescope telah menangkap gambar awal alam semesta setelah 600 juta tahun terjadinya Big Bang (Ledakan Besar). Ini berarti alam semesta masih seperti balita.

Para ilmuwan merilis foto pada Selasa (5/1) di sebuah pertemuan American Astronomical Society. Ini gambaran yang paling lengkap dari awalnya alam semesta sejauh ini. Foto menunjukkan galaksi dengan bintang-bintang yang sudah ratusan juta tahun, bersama dengan tanda-tanda jelas kelompok pertama bintang.

Galaksi muda ini belum terbentuk seperti spiral atau elips, jauh lebih kecil, dan berwarna biru. “Itu terutama karena pada tahap ini, mereka tidak mengandung banyak logam berat,” kata Garth Illingworth, University of California, Santa Cruz, profesor astronomi yang merilis foto tersebut. “Kami melihat galaksi sangat kecil sebagai benih galaksi besar hari ini,” Illingworth mengatakan dalam sebuah konferensi pers.

Menurutnya. setelah teleskop Hubble milik NASA diperbaiki dan ditingkatkan pada tahun lalu, jarak terjauh yang astronom bisa lihat adalah sekitar 900 juta tahun setelah Big Bang. Hubble telah menjadi kunci dalam membantu menentukan umur alam semesta hingga sekitar 13,7 miliar tahun. Ini mengakhiri perdebatan ilmiah panjang sekitar satu dekade yang lalu.

Namun, sejauh Hubble dapat melihat, itu masih belum melihat galaksi yang pertama. Untuk itu, NASA akan harus bergantung pada observatorium baru, yakni teleskop James Webb senilai US$4,5 miliar. Ini akan diluncurkan sekitar empat tahun lagi.

“Kami sedang dalam perjalanan ke awal,” kata Neil deGrasse Tyson, astrofisika dari American Museum of Natural History. “Setiap langkah lebih dekat ke awal masa memberitahu Anda sesuatu yang tidak Anda ketahui sebelumnya,” ujarnya. (AP/OL-04)

Media Indonesia, 07 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s