Ibu Jari dan Kelingking Rawan Infeksi Jamur


INFEKSI jamur yang paling umum terjadi di kuku tangan dan kaki disebabkan oleh kelompok jamur yang dikenal dengan dermatophytes. Jenis jamur ini berbahaya karena tumbuh dan kemudian mengambil makanan dari keratin yang melapisi permukaan kuku kaki.

Di antara semua jari, ibu jari dan jari kelingking kaki merupakan 2 jari yang paling berisiko terinfeksi jamur. Jamur pada kuku ini menyebabkan perubahan warna kuku. Jenis penyakit ini menular dan kadang-kadang diturunkan.

Ciri-ciri. Jamur pada kuku mudah diamati. Area yang terinfeksi akan berubah warna menjadi kekuningan atau kecokelatan. Kuku akan menebal dan tumbuh berlebih sehingga menimbulkan rasa sakit saat mengenakan sepatu. Serpihan kuku patah yang berbau akan bertumpuk di bawah kuku. Kuku selanjutnya akan rapuh dan akhirnya terlepas.

Penyebab. Anda kemungkinan terinfeksi jamur di area yang lembab seperti gym, shower atau kolam renang umum. Jamur kuku ini bisa menyebar dari satu kuku ke kuku yang lain bahkan ke area tubuh lainnya. Selain itu, infeksi jamur ini juga bisa disebabkan oleh pH kulit yang tidak normal, tidak mengeringkan kaki dengan sempurna setelah mandi atau olahraga dan juga saat   kekebalan tubuh menurun.

Pengobatan. Berikut beberapa pengobatan alami yang bisa Anda gunakan untuk memerangi infeksi jamur di kuku.

Minyak teh (tea tree oil)

Minyak pohon teh merupakan antiseptik dan fungisida alami kuat yang bisa membantu melawan infeksi jamur. Oleskan minyak teh yang belum diencerkan dengan minyak zaitun ke area jari kaki yang terinfeksi. Jika tidak tersedia minyak zaitun, Anda bisa menjatuhkan beberapa tets minyak teh ke area jari kaki dan menggosoknya secara menyeluruh setiap hari.

Obat kumur listerine

Rendam jari kaki Anda di dalam obat kumur Listerine. Kandungan antiseptik di dalamnya akan membuat kuku terlihat lebih sehat.

Air hangat dan cuka sari apel

Campurkan air hangat dan cuka sari apel dalam takaran yang sama ke dalam baskom, kemudian rendamlah jari kaki Anda selama 15-20 menit. Begitu selesai, pastikan mengeringkan kuku kaki secara sempurna. Gunakan dryer rambut dengan ukuran suhu hangat untuk menyerap semua cairan di sekitar jari kaki.

Minyak zaitun dan minyak oregano

Campurkan 2 tetes minyak oregano dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Oleskan campuran ini ke area yang terinfeksi setiap hari selama tidak lebih dari 3 minggu. Minyak oregano mengandung antiseptik, antibakteri, antiparasit, antivirus, analgesik dan antijamur.

Minyak pohon teh(tea tree oil) dan minyak lavender

Teteskan minyak teh dan minyak lavender dalam takaran yang sama ke gulungan kapas. Oleskan ke bawah atau di permukaan jari kaki yang terinfeksi 2 atau 3 kali sehari. Minyak teh merupakan antibiotik alami dan lavender akan membantu memerangi infeksi dan mencegah iritasi kulit.

Krim AHA

Oleskan krim AHA (Alpha Hydroxy Acid) ke kaki Anda sebelum tidur. Cara ini membantu mengangkat kulit bersisik di kaki yang cenderung mengundang hadirnya jamur.

Media Indonesia, 05 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s