Jari-jari Kecil Tanda Indera Peraba Kuat


JARI-jari Anda kecil? Tidak perlu kecewa, anggap saja diri Anda beruntung dari satu sisi. Pasalnya, sebuah studi menemukan, mereka dengan jari-jari kecil memiliki indera peraba yang lebih tajam.

Temuan yang dipublikasikan di Journal of Neuroscience ini bisa menjelaskan alasan kecenderungan perempuan mempunyai indera peraba yang lebih baik. Alasannya sangat sederhana: jari-jari perempuan rata-rata lebih kecil.

“Pakar saraf telah lama mengetahui bahwa beberapa orang mempunyai indera peraba yang lebih baik dibandingkan yang lain, tapi sebelumnya alasan perbedaan ini masih menjadi misteri,” tutur co-author studi Daniel Goldreich dari McMaster University di Ontario, seperti dikutip situs healthday.”Temuan kami mengungkap bahwa ukuran jari merupakan salah satu faktor penting dalam indera peraba.”

Para peneliti mengukur ujung jari telunjuk 100 mahasiswa. Kemudian peneliti juga mengukur ketajaman sentuhan mereka. Partisipan dengan jari yang lebih kecil lebih bisa merasa melalui sentuhan.

“Perbedaan indera peraba antara jenis kelamin kelihatannya dipengaruhi sepenuhnya oleh ukuran ujung jari,” terang Dr. Ethan Lerner dari Massachusetts General Hospital. “Jadi, laki-laki dengan ujung jari yang lebih kecil dari perempuan akan lebih sensitif terhadap sentuhan dibandingkan perempuan.”

Media Indonesia, 23 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s