Kemenyan Turunkan Kolesterol Jahat


KEMENYAN bukan lagi sekadar komoditi yang lekat dengan mistik atau juga digunakan sebagai campuran rokok daun oleh orangtua yang tinggal di pedalaman tapi juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan. Sebuah studi baru yang dilakukan para peneliti dari King Abd  Al-Aziz University di Arab Saudi menemukan bahwa kemenyan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kemenyan, menurut peneliti Nadia Saleh Al-Amoudi, bisa dipadukan dengan materi dari tumbuhan lainnya untuk meningkatkan kesehatan jantung. Akan tetapi, terang Al-Amoudi, masih belum ditemukan cara yang jelas agar manusia bisa mengonsumsinya.

“Kemenyan telah lama digunakan sebagai pengobatan medis untuk mengatasi sakit tenggorokan, hidung mampat, bekas luka dan luka bakar,” terang Al-Amoudi, seperti dikutip situs healthday.

Dalam studi yang dipublikasikan di International Journal of Food Safety, Nutrition and Public Health ini, peneliti memberikan kemenyan kepada binatang pengerat albino dan menemukan bahwa kadar kolesterol jahat binatang pengerat tersebut turun sedang kadar kolesterol baik meningkat.

Media Indonesia, 25 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s