Kesalahan GPS Sesatkan Perjalanan


TEKNOLOGI canggih belum tentu akurat kebenarannya. Sepasang suami istri asal Nevada, AS  mendapat hadiah Natal unik dari teknologi GPS. Mereka ditemukan oleh deputi Lake County di Hutan Nasional Winema-Fremont lantaran terdampar selama 3 hari saat liburan Natal, Minggu (27/12).

John Rhoads, 65 dan istrinya, Starry Bush-Rhoads, 67 percaya bahwa sistem navigasi (GPS) yang terpasang pada kendaraan SUV mereka akan menunjukkan arah yang benar. Namun sayangnya GPS tersebut membimbing mereka ke hutan terpencil melalui padang pasir tinggi di Oregon Timur.

Namun Sheriff Tim Klamath County Evinger menyatakan bahwa dirinya dan deputi Lake County menarik mereka keluar dari area salju Hutan Nasional Winema-Fremont dengan kendaraan Toyota Sequoia.

Ia juga menambahkan kondisi atmosfer saat itu kurang baik untuk GPS-enabled ponsel. Alhasil sinyal yang didapat cukup lemah dan penyampaian dari koordinat ke operator terhambat.

”Meski GPS akan menuntun Anda dengan rute yang lebih pendek, namun itu bukan berarti rute yang aman. GPS-enabled ponsel dapat mengirimkan koordinat ke 911, dan ponsel pasangan itu akan mengirimkan lokasi ke operator dari konsol,” kata sheriff.

Kedua pasangan itu sangat bahagia karena bisa kembali lagi ke rumahnya di Reno, Nevada.

”Ini akan menjadi (Natal) kita paling berkesan dalam hidup kami dan jika tidak ditemukan, kami tidak akan bisa bahagia di musim semi berikutnya”, kata Starry Bush-Rhoads dalam sebuah wawancara telepon dari rumahnya.

Media Indonesia, 29 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s