Kulit Perempuan Lebih Cepat Menua


DERMATOLOG mengungkap satu lagi perbedaan antara laki-laki dan perempuan: perempuan mempunyai lebih banyak kerutan di area sekitar mulut dibandingkan laki-laki. Selain itu, kerutannya juga lebih dalam.

Kelemahan ini, terang editor Aesthetic Surgery Journal Dr. Foad Nahai, telah lama dicurigai.”Tapi studi baru ini menyediakan bukti ilmiah yang tidak terbantahkan,” tutur Nahai, seperti dikutip situs healthday.

Apa alasannya?”Perbedaan gender ini sebagian besar disebabkan oleh jumlah pelengkap (folikel rambut, kelenjar sebaceous) dan hubungan antara kulit dan otot-otot bibir,” terang penulis studi Dr. Moshe Kon dari University Medical Center Utrecht di Belanda.

“Kami sebelumnya sudah melihat adanya kesan bahwa kulit laki-laki tidak mengalami penuaan secepat kulit perempuan,” terang Nahai.”Tapi sebelumnya kami belum mengetahui bahwa penyebab lebih banyak dan lebih dalamnya kerutan pada perempuan adalah karena mereka memiliki lebih sedikit kelenjar keringat atau kelenjar sebaceous, kelenjar yang membuat minyak untuk menjaga kulit agar tetap terasa lembut.” Perempuan, lanjut Nahai, memproduksi lebih sedikit minyak, yang berfungsi melindungi dan menjaga kelembaban kulit.

Perbedaan kunci

Dalam studi ini, para peneliti mempelajari kulit di sekitar bibir atas pada kadafer (mayat) laki-laki dan perempuan, serta rekonstruksi area tersebut.

Peneliti menemukan beberapa perbedaan kunci antara laki-laki dan perempuan
1. Perempuan memiliki lebih sedikit kelenjar keringat di sekitar mulut dibandingkan laki-laki
2. Perempuan memiliki lebih sedikit pembuluh darah sehingga aliran darah ke area tersebut lebih sedikit
3. Otot di sekitar mulut perempuan lebih dekat ke kulit dibandingkan laki-laki, sehingga membuat kulit lebih kencang, menyebabkan kerutan
4. Meskipun jumlah folikel rambut hampir sama pada kedua gender, laki-laki memiliki lebih banyak kelenjar keringat per folikel rambut, sehingga membuat kulit lebih rileks sepanjang penuaan.

Selain itu, hormon juga turut berperan dalam proses penuaan kulit pada perempuan.”Banyak perbedaan gender di bidang kesehatan dan penyakit berkaitan dengan estrogen,” terang Dr. Seth Thaller dari University of Miami Miller School of Medicine.

Bagaimana cara mengatasinya?”Cara terbaik yang bisa dilakukan setiap orang untuk menjaga agar kulit tetap muda adalah menghindari rokok dan paparan matahari langsung serta menjaga kelembaban kulit. Gunakan pelembab dan krim kulit,” terang Nahai.

Media Indonesia, 28 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s