Lada Hitam dan Kunyit Cegah Kanker Payudara


BUMBU dapur tidak hanya berfungsi memperkaya rasa makanan tetapi juga bisa membantu mencegah perkembangan kanker. Sebuah studi yang dilakukan para peneliti dari University of Michigan Comprehensive Cancer Center menemukan bahwa komponen yang terkandung di dalam lada hitam dan kunyit bisa menghambat pertumbuhan sel-sel yang memicu kanker payudara.

Dalam percobaan laboratorium, para peneliti mengoleskan piperine (terdapat pada lada hitam) dan curcumin (komponen utama dalam kunyit) ke sel-sel kanker payudara. Saat digunakan secara bersamaan, kedua bumbu ini terbukti mengurangi jumlah stem cell tetapi tidak membahayakan sel-sel payudara yang normal.

“Jika kita bisa membatasi jumlah stem cell, kita bisa membatasi jumlah sel-sel yang berpotensi membentuk tumor,” tutur peneliti Madhuri Kakarala, MD, PhD, RD, seperti dikutip situs webmd.

Stem cell berpotensi tumbuh di berbagai tipe sel. Stem cell kanker diyakini memicu pertumbuhan tumor. Beberapa peneliti meyakini bahwa mengontrol atau menyembuhkan kanker melibatkan penanganan stem cell tersebut.

Dalam studi ini, terang peneliti, piperine menguatkan efek curcumin.Curcumin dan piperine merupakan polifenol yang berasal dari makanan. Polifenol diyakini mengandung antiperadangan dan komponen pelindung lainnya. Saat bekerja bersama-sama, kedua bumbu ini mencegah stem cell pemicu kanker beregenerasi dan memproduksi sel-sel kanker baru. Dan kedua komponen ini, lanjut peneliti, tidak mempengaruhi proses pertumbuhan sel-sel normal.

“Hal ini menunjukkan bahwa komponen ini tidak bersifat meracuni jaringan payudara yang normal,” tambah Karakal.”Konsep bahwa kandungan dari diet bisa membantu tentunya sangat menarik, dan curcumin serta piperine terlihat mempunyai kandungan racun yang sangat sedikit.”

Media Indonesia, 30 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s