Manfaat Segarnya Jus Lemon


ORANG-orang umumnya menyukai makanan bercita rasa lemon. Tapi, pernahkah Anda berpikir bahwa jus lemon mempunyai segudang manfaat sehat lain di luar perasa makanan atau minuman? Ya, jus dan air lemon bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat sehat dari jus lemon yang bisa membuat Anda semakin cinta kepada jenis buah sitrus yang satu ini.

1. Redakan gangguan lambung

Saat dipadukan dengan air panas, lemon bisa membantu meredakan banyak gangguan pencernaan, termasuk mual dan heartburn (naiknya asam lambung ke kerongkongan). Mengonsumsi jus lemon secara teratur membantu usus mengeluarkan sampah secara lebih efisien. Lemon bekerja sebagai pemurni darah dan agen pembersih. Jus lemon juga bekerja sebagai tonik hati dan membantu mencerna makanan dengan membantu hati memproduksi lebih banyak air empedu.

2. Jaga kesehatan kulit

Lemon, sebagai obat antiseptik alami, bisa membantu mengatasi ganguan kulit. Lemon merupakan buah sitrus kaya vitamin C yang menguatkan kecantikan Anda dengan meremajakan kulit dari dalam, sehingga membuat wajah lebih bercahaya. Konsumsi air lemon secara rutin dinyatakan bisa mengubah penampilan kulit Anda. Lemon bekerja sebagai antipenuaan dan mengangkat kerutan serta jerawat. Untuk menyamarkan bekas luka, cobalah oleskan air lemon ke area kulit yang bermasalah.

3. Bantu perawatan gigi

Air lemon juga bisa digunakan dalam perawatan gigi. Meneteskan jus lemon segar ke area gigi yang sakit dinyatakan bisa membantu mengusir rasa sakit. Anda juga bisa menghentikan gusi berdarah dengan memijatkan sari lemon ke area gusi. Selain itu, jus lemon dinyatakan bisa mengusir bau mulut dan gangguan lain terkait gusi.

4. Atasi infeksi tenggorokan

Kandungan antibakteri di dalam lemon membantu mengatasi gangguan terkait infeksi tenggorokan, sakit tenggorkan dan tonsilitis. Untuk mengatasi sakit tenggorokan, cobalah encerkan sari dari setengah lemon dengan setengah air dan berkumurlah secara teratur.

5. Turunkan berat badan

Minum air jeruk lemon dinyatakan bisa mempercepat penurunan berat badan. Anda juga bisa menurunkan berat badan dengan mengonsumsi campuran jus lemon, air hangat dan madu.

6. Kontrol tekanan darah tinggi

Kandungan kalium di dalam lemon dinyatakan bisa membantu pasien gangguan jantung. Lemon bekerja mengontrol tekanan darah, pusing, mual serta merilekskan tubuh dan pikiran. Lemon juga dinyatakan bisa mengurangi stres dan depresi mental.

Media Indonesia, 25 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s