Microsoft dan Yahoo Beraliansi


Microsoft Corp dan Yahoo Inc telah menandatangani rencana kerjasama dalam hal internet search menyaingi Google Inc.

Langkah kerjasama ini diumumkan Jumat (4/12) dimana syarat-syarat awal kesepakatan telah diumumkan pada akhir Juli lalu. Kontrak 10-tahun telah ditandatangani akhir Oktober lalu, namun Microsoft dan Yahoo menunda kerjasama ini karena belum ada beberapa poin yang belum disepakati.

Regulator pemerintah AS masih harus menyetujui kemitraan yang diusulkan sebelum Microsoft dan Yahoo dapat mulai bekerja bersama-sama.

Kedua perusahaan percaya mereka akan semakin maju awal tahun depan. Jika regulator memberikan izin, Microsoft berharap dapat memulai kerjasama dengan ‘mesin pencari’ Yahoo di Amerika Serikat pada pertengahan tahun depan.

Microsoft dan Yahoo berpartner bersama setelah melewati masa penjajakan panjang. Bulan Mei 2008, Microsoft sudah siap untuk membeli Yahoo
secara keseluruhan sebesar $ 47.5 milyar, atau $ 33 per saham. Yahoo saham ditutup Jumat (4/12) pada $ 15,19, naik 8 sen.

Microsoft, berbasis di Redmond, Washington, kembali ke meja perundingan karena menganggap Yahoo menawarkan kesempatan terbaik
untuk melemahkan dominasi Google Internet search.

Mesin pencari yahoo (yahoo internet search) adalah yang kedua paling populer sementara Microsoft peringkat ketiga.

Bahkan jika mereka diizinkan untuk menggabungkan kekuatan, Microsoft dan Yahoo masih akan memproses setengah karena banyak permintaan pencarian seperti Google melakukan.

Yahoo, yang berbasis di Sunnyvale, California, berharap dapat meningkatkan keuntungan dan menaikkan harga saham dengan mengandalkan pada Microsoft untuk menangani sebagian besar dari teknologi pencarian (search). Kemitraan akan memberikan Yahoo 88 persen dari pendapatan yang dihasilkan dari iklan, di samping hasil ‘pencarian’ di situs Web-nya sementara perusahaan memungkinkan untuk
mengurangi pengeluaran uang untuk teknolognya.

Media Indonesia, 05 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s