Minyak Sehat untuk Diet dan Kecantikan


ANDA mungkin sudah sering mendengar anjuran mengurangi asupan minyak. Tapi, bukan berarti minyak selalu buruk bagi kesehatan. Menambah asupan minyak yang tepat dalam diet bisa memperbaiki penampilan dan meningkatkan energi saat Anda menurunkan berat badan.

Minyak jenis apa yang paling tepat? Berhati-hatilah dengan lemak jenuh dan beralihlah ke minyak murni yang menyediakan nutrisi untuk menguatkan tubuh. Hindari mentega, margarin keras, krim, lemak domba dan kurangi asupan daging merah. Dan yang tidak kalah pentingnya, perbanyak konsumsi buah dan sayuran, whole grain, kacang-kacangan dan biji-bijian serta ayam dan ikan. Untuk jenis minyak, pilihlah virgin olive oil, minyak safflower, minyak biji wijen, bunga matahari, kenari dan minyak kemiri.

Kiat menambah minyak ke dalam diet Anda:

Saat sarapan: Tambahkan dan aduklah sedikit minyak dengan yogurt rendah lemak. Campurkan satu sendok makan penuh minyak ke dalam bubur. Pilihlah minyak jagung murni, bunga matahari, wijen atau minyak safflower.

Dalam susu dan fruit shakes: Jadikan susu skim, susu kedelai atau jus buah dengan yogurt rendah lemak atau yogurt kedelai sebagai bahan dasar shake Anda. Tambahkan pisang, buah persik atau segenggam penuh stroberi. Akhiri dengan 1 atau 2 sendok makan penuh minyak per orang.

Perkaya keju untuk pasta: Pilihlah keju lembut rendah lemak, quark atau yogurt Tambahkan sedikit perasa, pilihlah dari mustard Perancis, tomato puree, worcestershire sauce, Tabasco, jus lemon, bawang putih segar, ketimun parut atau herbal. Akhiri dengan satu sendok makan minyak kemiri atau minyak kenari.

Tumisan: Minyak lebih kuat saat tidak dipanaskan. Di penghujung menumis, tambahkan satu sendok makan minyak untuk melemaskan sayuran.

Makanan penutup: Buatlah dessert berbahan dasar yogurt rendah lemak, susu kambing, susu domba atau yogurt kedelai, tambahkan potongan buah segar, almond, ditambah satu sendok makan minyak per orang. (OL-08)

Media Indonesia, 11 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s