Pecandu Alkohol Sulit Berdiri Tegak


MENGONSUMSI alkohol berlebih tidak hanya merusak jantung tetapi juga mengganggu keseimbangan tubuh. Sebuah studi menemukan, ketenangan jangka panjang bisa memperbaiki keseimbangan pecandu alkohol, tapi kemungkinan tidak akan bisa mengembalikan keseimbangan penuh saat berdiri.

“Dengan ketenangan, gaya berjalan dan keseimbangan akan menjadi stabil. Akan tetapi, dengan hidup tenang jangka panjang sekalipun, orang-orang yang kecanduan alkohol kronis jangka panjang akan terus mengalami kesulitan untuk berdiri tegak,” tutur peneliti Edith V. Sullivan dari Stanford University School of Medicine, seperti dikutip situs healthday.

“Keseimbangan mereka ditandai dengan ayunan yang melebihi ayunan orang normal saat diam berdiri di satu tempat, khususnya dengan kaki rapat dan tangan berada di kedua sisi tubuh, tanpa menggunakan faktor penyeimbang alami.”

Kurangnya keseimbangan (karena cedera otak akibat alkohol), terang peneliti, selanjutnya bisa meningkatkan risiko jatuh dan kematian.

Ayunan postur tubuh

Dalam studi ini, para peneliti membandingkan ayunan postur tubuh pada 34 laki-laki dan 15 perempuan pecandu alkohol dengan 22 laki-laki dan 29 perempuan yang bukan pecandu alkohol (sebagai kelompok pengontrol).

“Hasil menunjukkan bahwa ayunan pecandu alkohol lebih panjang dan menutupi area yang lebih luas dibandingkan mereka yang berada dalam kelompok pengontrol,” terang Sullivan.”Akan tetapi, keseimbangan pecandu alkohol bisa diperbaiki dengan menggunakan faktor penyeimbang.”

Faktor tersebut, terang Sullivan, meliputi bantuan sederhana seperti menghidupkan cahaya di ruang gelap, menyentuh pegangan sisi tangga saat turun dari pesawat serta jalan atau berdiri dengan kaki direnggangkan daripada merapatkan kedua mata kaki.

Media Indonesia, 24 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s