Pil KB Atasi Gangguan Menstruasi


PIL KB ternyata tidak hanya efektif mencegah kehamilan. Menurut studi baru yang dikeluarkan American College of Obstetricians and Gynecologists, pil kontrasepsi hormonal juga bekerja mengatasi gangguan menstruasi seperti rasa sakit kronis dan  perdarahan hebat.

Selain itu, studi yang dipublikasikan di jurnal Obstetrics & Gynecology ini juga menyebutkan bahwa kontrasepsi kombinasi yang mengandung hormon estrogen dan progesteron mengurangi risiko kanker endometrium, ovarium dan kanker kolorektal.

Di samping itu, kontrasepsi ini juga membantu mencegah migrain akibat menstruasi, mengatasi nyeri panggul akibat endometriosis dan perdarahan akibat uterine fibroid (tumor jinak pada rahim).

“Kita telah lama mengetahui bahwa kontrasepsi hormonal mempunyai manfaat lain di luar mencegah kehamilan,” tutur peneliti Dr. Robert L. Reid, seperti dikutip situs healthday.”Temuan ini menyediakan data ilmiah yang mendukung penggunaan kontrasepsi oral untuk mengatasi masalah tertentu.”

Kontrasepsi kombinasi oral, lanjut Reid, efektif menormalkan siklus menstruasi yang tidak teratur, mengurangi gejala-gejala sebelum menstruasi, mengatasi masalah jerawat dan memungkinkan perempuan menghindari menstruasi di saat yang tidak tepat.”Misalnya selama perjalanan bisnis, liburan atau bulan madu.”

Media Indonesia, 06 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s