Spesies Dinosaurus Bertaring dan Berbisa Ditemukan di China


Sebuah tim ahli paleontologi gabungan China dan Amerika Serikat telah menemukan satu spesies dinosaurus yang mempunyai taring yang sangat berbisa di timur laut China.

Profesor Gong Enpu, dari China Northeastern University, yang memimpin tim, kepada Xinhua, Selasa (22/12) mengatakan penemuan dinosaurus yang perkirakan hidup 125 juta tahun yang lalu tersebut menjadi petunjuk bagaimana mahluk purbakala itu telah berevolusi sehingga menghasilkan zat-zat beracun.

Gong dan rekan-rekannya termasuk ahli paleontologi AS Larry Martin menemukan bahwa dinosaurus yang bernama Sinornithosaurus itu mempunyai gigi berlekuk yang panjang di rahang atasnya, mirip seperti taring ular dan kadal. Mereka juga menemukan sebuah tempat di permukaan rahang atas Sinornithosaurus yang berisi kelenjar racun. Selama penelitian mereka, panjang gigi yang terdapat di Sinornithosaurus membuat bingung Gong dan rekan-rekannya.

“Ukuran gigi terlalu panjang jika dinosaurus hanya menggunakannya untuk menyambar dan menelan mangsanya,” kata Gong. “… Gigi itu nampaknya digunakan hanya untuk menusuk mangsanya dalam-dalam untuk membunuhnya.”

Para ahli paleontologi menyimpulkan gigi yang begitu panjang milik Sinornithosaurus tersebut digunakan untuk menembus mangsanya yang mempungai lapisan bulu yang tebal untuk memasukkan racun ke dalam darah mangsanya. Racun tersebut mungkin tidak mematikan, tapi bisa membuat mangsanya berhenti dari menyerang atau melarikan diri, katanya.

Sinornithosaurus dianggap relatif dekat dengan spesies burung. Karena bentuk tubuh Sinornithosaurus yang relatif kecil dari ukuran tubuh dinosaurus. Panjang Sinornithosaurus tidak lebih dari satu meter. Fosil pertama dinosaurus bersayap ditemukan pada tahun 1996, memberikan bukti baru teori bahwa burung berevolusi dari dinosaurus.

Penelitian Gong pada awalnya sebenarnya dirancang untuk melacak asal-usul kemampuan terbang burung, tetapi secara tidak sengaja menemukan dinosaurus yang memiliki gigi berbisa.

Media Indonesia, 22 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s