Ukur Kecantikan Rasio dan Proporsi Wajah


RASIO rata-rata tampilan wajah merupakan salah satu kunci daya tarik fisik. Sebuah studi menemukan,  perempuan dengan proporsi wajah paling dekat ke wajah rata-rata dianggap paling cantik oleh teman-teman mereka.

Para peneliti dari University of California San Diego dan University of Toronto meminta mahasiswa melihat foto-foto digital dari wajah-wajah perempuan yang identik, kecuali sedikit perubahan pada proporsi muka tertentu termasuk penempatan mata dan hubungan antara mata dan mulut.

Wajah perempuan yang mengikuti proporsi tertentu dinyatakan lebih menarik oleh teman-teman mereka, khususnya mereka yang memiliki jarak vertikal antara mata dan mulut 36 persen dari panjang wajah, dan jarak horizontal antara mata 46 persen dari lebar wajah. Peneliti menyebut perbandingan tersebut sebagai ‘rasio emas’.

Alasan proporsi seperti ini dianggap paling cantik, terang peneliti, belum diketahui secara pasti. Tapi kemungkinan disebabkan karena manusia mempunyai prototipe mental yang merepresentasikan rata-rata semua wajah dan mereka dengan wajah paling dekat ke prototipe tersebut dianggap paling menarik.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa mereka yang mempunyai wajah simetris dianggap lebih menarik, kemungkinan karena simetri mengindikasikan kesehatan yang baik. Jadi, prinsip wajah rata-rata ini, terang peneliti, juga bisa dilihat dengan cara yang sama.

Jadi, apakah perempuan tidak perlu mengenakan kosmetik dan pergi ke salon?”Kita sudah tahu bahwa tampilan wajah yang berbeda membuat wajah perempuan jadi menarik, seperti mata yang lebih besar atau bibir penuh,” terang co-author studi Kang Lee dari Ontario Institute for Studies in Education, seperti dikutip situs healthday.

“Studi kami membuktikan bahwa struktur wajah, hubungan antara kontur wajah dan mata, mulut serta hidung, juga turut mempengaruhi persepsi kita mengenai daya tarik wajah. Temuan kami juga menjelaskan mengapa kadang-kadang seseorang yang menarik terlihat tidak menarik atau sebaliknya setelah memotong rambut, karena proses penataan rambut tersebut mengubah rasio.”

Media Indonesia, 06 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s