”Makanan”untuk Rambut Sehat


PERAWATANrutin dipercaya mengurangi kerontokan rambut dan membuat mahkota Anda kian bersinar, serta tumbuh lebat.Namun, tidak sepenuhnya disadari kaum hawa bahwa merawat kecantikan rambut tak hanya dari luar, tapi juga dari dalam.

Keindahan rambut bisa tercermin dari asupan makanan yang telah Anda konsumsi.Apabila Anda mendambakan rambut sehat terawat, Allwomenstalk memaparkan daftar makanan bergizi yang wajib Anda konsumsi,di antaranya:

Telur

Rahasia rambut sehat juga terletak pada makanan sehat seperti telur.Cobalah mengonsumsi beberapa telur,baik diolah dengan cara direbus ataupun digoreng. Telur merupakan salah satu sumber protein yang diperlukan untuk menyehatkan rambut.

Wortel

Wortel baik untuk kesehatan rambut Anda.Wortel mengandung vitamin A yang tidak hanya menjadikan kulit kepala sehat, tetapi juga sangat bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut.

Salmon

Jenis ikan satu ini merupakan sumber protein berkualitas tinggi yang kaya asam lemak Omega 3. Selain itu, ikan salmon mengandung vitamin B12 dan zat besi yang diperlukan rambut agar bisa tumbuh subur.

Kacang-kacangan

Jika Anda mendambakan rambut berkilau dan lebat, konsumsilah bahan makanan kacang-kacangan. Kacang Brasil sangat kaya kandungan selenium, mineral yang sangat penting untuk kulit kepala. Kacang kenari mengandung asam lemak Omega-3 dan alfalinolenat yang sangat bagus untuk rambut. Kacang-kacangan juga merupakan sumber zinc.Beberapa kacang baik untuk rambut sehat,di antaranya kacang almond dan kacang mete. (okezone)

Memutihkan Gigi dengan Cara Aman

PADAumumnya orang tidak terlalu percaya diri ketika tersenyum.Ada banyak alasan untuk itu.Salah satunya adalah gigi kuning atau bernoda.

Karena itu, kini ditawarkan beberapa perawatan yang aman. Tak bisa dipungkiri bahwa gigi yang putih dan bersih memperindah sebuah senyuman. Malah, mungkin menyempurnakannya. “Senyuman yang manis didukung oleh gigi yang sehat dan kuat. Berwarna putih cemerlang dan bau mulut yang menyegarkan,” kata drg Riza Heru dari Dental Image, Bintaro Jaya. Masalahnya,tidak semua orang punya gigi putih dan cemerlang.Juga tak semua orang tahu bagaimana membuat giginya putih. Padahal, caranya bisa sangat sederhana dan mudah.

“Makan makanan yang mengandung banyak kalsium, buah-buahan berserat dan mengandungvitaminC, danminumairputih yang banyak,”sambung drg Riza. Selain karena tidak tahu bagaimana membuat giginya putih, orang juga tak tahu apa saja yang bisa membuat giginya tak putih. Atau mungkin juga sudah tahu tapi “tak mau tahu.”Atau bisa jadi karena tak bisa lepas dari kebiasaan. “Banyak hal dalam cara dan gaya hidup kita sekarang yang menyumbang perubahan warna pada gigi seperti, minum kopi, teh, minuman bersoda, dan wine. Dan yang paling banyak menyumbang perubahan warna adalah kebiasaan merokok,”lanjut drg Riza. Belakangan, baru orang sadar akan kesehatan dan keindahan gigi.

Orang baru sadar bahwa gigi kuning memperburuk senyuman.Itulah mengapa orang mulai mencari cara untuk memutihkan giginya. “Salah satu caranya adalah dengan whitening atau pemutihan gigi,” imbuhnya. Namun, orang masih ragu dan bertanya tentang amannya cara ini. Apakah cara ini aman dilakukan oleh semua orang? Pada usia berapa pun? “Whitening aman dilakukan pada usia dewasa paling tidak di atas 16 tahun.Wanita hamil dan pasien yang mempunyai riwayat alergi pada bahan whitening (peroksida) dilarang untuk melakukan prosedur whiteningini,”tegasnya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam proses whitening ini.Pertama,pemakaian pasta gigi yang mengandung bahan pemutih.

Prosedur ini sangat aman dan dapat dilakukan di rumah. Anda hanya perlu berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum memulainya. “Hasilnya terlihat dalam 1–2 bulan dengan perubahan warna yang minimal 1–2 shade lebih putih (skala 1–6).Akan sangat memberikan kepuasan kepada pasien bila sebelum melakukan ini,pasien terlebih dahulu melakukan office bleaching. Perlu diingat,warna gigi akan kembali ke warna semula bila pemakaian dihentikan,”terangnya. Kedua, home whitening.Prosedur pemutihan dilakukan pasien di rumah.Hasilnya terlihat dalam 2–4 pekan.Sebelum memulai prosedur ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter gigi. Bahan pemutih dapat dibeli di tempat praktik dokter gigi atau di toko obat ternama.

“Bahan pemutih berupa gel yang diletakkan pada semacam tray yang berbentuk rahang.Ada juga yang berupa strips.Perubahan warna minimal, skala 2–3 shade lebih putih, dan tidak dapat instan,” lanjutnya. Proses pemutihan gigi dengan dua cara di atas dilakukan sendiri oleh pasien dan tidak oleh dokter. Hasilnya sangat tergantung pada kooperasi pasien.Terkadang hasilnya tidak begitu menggembirakan pada pasien yang warna giginya sudah parah. Ketiga, office whitening atau office bleaching.Prosedur pemutihan ini dilakukan di tempat praktik dokter gigi dan dilakukan oleh dokter dengan bahan dan alat khusus.

Dokter gigi akan memeriksa keadaan gigi pasien, mengecek lubang atau karies pada gigi,menambal gigi yang berlubang, dan membersihkan semua atau karang gigi. Gusi kemudian dilapisi dengan yang akan melindunginya dari bahan pemutih. Selanjutnya, gigi dilapisi dengan bahan pemutih.Sebagian prosedur menggunakan lampu khusus untuk mempercepat proses pemutihan gigi. Hasil akan terlihat dalam 1–2 jam.“Hasilnya sangat memuaskan. Gigi terlihat lebih putih dalam skala 4–6. Prosedur ini jauh lebih cepat dan hasilnya pun akan sangat terlihat oleh pasien.Cara ini aman karena dilakukan oleh dokter,” katanya.

Setelah proses ini,dokter biasanya meminta pasien untuk, dalam waktu dua minggu, menghindari makanan yang berwarna,berhenti merokok,dan menggunakan pasta yang mengandung pemutih.

Harian Seputar Indonesia, 05 Januari 2010

Iklan

Satu pemikiran pada “”Makanan”untuk Rambut Sehat

  1. Dengan hormat Ibu/Bpk, jika memerlukan Kacang Kenari kupas putih (Java Almond/Canarium indicum) dari Sulawesi Selatan.
    Ref harga (21-jan-10): utuh Rp 52000/Kg, pecah Rp 43000/Kg, kulit RP 40000/Kg.
    Hubungi: Ibu Ani (021-74713304, AS 085216106991) di Jakarta Selatan, email: suryani.andi@yahoo.com.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s