Buktikan Kebenaran Gosip-gosip Kesehatan


BERAGAM informasi kesehatan, baik melalui email, internet atau teman dan keluarga yang salah informasi bisa membuat Anda kesulitan membedakan fakta dan fiksi seputar kesehatan. Informasi yang keliru bisa menimbulkan kecemasan dan mengganggu kebiasaan sehat yang sebelumnya telah Anda lakukan. Berikut beberapa mitos dan fakta seputar kesehatan untuk membantu Anda membuat pilihan yang tepat.

Produk detoks kolon efektif dan aman? Tidak. Menurut konsultan farmasi dan penulis 5 buku mengenai obat alami berdasarkan bukti Richard Harkness, produk detoks kolon bisa membahayakan kesehatan. Prosedur pembersihan kolon didasarkan pada teori yang salah bahwa tinja dan racun-racun, seperti parasit, pestisida atau zat-zat kimia terakumulasi dan menempel di dinding kolon, dan menyebabkan gangguan. Pada faktanya, terang Harkness, tinja tidak menempel ke dinding kolon, dan para pakar tidak menemukan bukti bahwa racun-racun tertimbun di sana.

Olahraga dengan perut kosong bisa membakar lebih banyak lemak?  Benar, tetapi jangan berharap terlalu besar bahwa lemak Anda akan lumer. Saat berolahraga, tubuh membakar lemak dan karbohidrat. Studi-studi baru-baru ini menunjukkan bahwa olahraga dengan perut kosong bisa membakar lebih banyak lemak karena tubuh tidak mempunyai terlalu banyak karbohidrat. Tapi, jumlah rata-rata kalori yang dibakar sama.

Minum air bantu menurunkan berat badan? Hal ini benar hanya jika Anda mengurangi asupan makanan. Menambah air ke diet normal tidak akan membantu menurunkan berat badan. Tapi jika memilih air putih untuk menggantikan minuman atau kudapan bergula, maka pengurangan kalori bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Mengonsumsi terlalu banyak gula sebabkan diabetes? Tidak akan berakibat langsung dan cepat seperti efek rokok dalam memicu kanker. Tapi, penelitian menunjukkan bahwa gula turut berperan dalam memicu diabetes. Yang perlu Anda perhatikan, kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko diabetes tipe 2, dan mengonsumsi terlalu banyak gula bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Akan tetapi, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kelebihan asupan gula bisa meningkatkan risiko diabetes terlepas dari berat badan. Sebuah studi menemukan bahwa perempuan berisiko ganda menderita diabetes jika menambah asupan minuman  bergula.

Otot berubah menjadi lemak? Tidak. Lemak dan otot, terang Wayne L. Westcott, PhD, dari Quincy College, adalah dua jaringan berbeda, dan masing-masing tidak bisa berubah dan bertukar.

Obat kumur Listerine menjauhkan nyamuk? Tidak.”Penelitian kami menunjukkan bahwa mereka yang menyemprotkan Listerine ke lengan mereka berisiko sama mengalami gigitan nyamuk dengan mereka yang menggunakan pembasmi nyamuk apa pun,” terang Grayson Brown, PhD, dari University of Kentucky, seperti dikutip situs prevention.

Makanan pedas mempercepat metabolisme? Kecepatan metabolisme Anda ditentukan oleh jenis kelamin, tinggi, berat, komposisi tubuh, dan usia Anda. Faktor-faktor ini menentukan jumlah kalori yang akan dibakar tubuh untuk mempertahankan fungsi dasar kehidupan bahkan saat Anda tidur, energi yang digunakan oleh jantung, otak, paru-paru, usus, dan sebagainya.

Mengonsumsi makanan pedas tidak bisa secara signifikan meningkatkan kecepatan metabolisme dan membantu membakar kalori saat beristirahat. Meskipun suhu tubuh akan meningkat untuk sementara waktu dan jantung Anda kemungkinan berdetak lebih cepat, mengonsumsi makanan pedas dalam jangka panjang tidak akan mengubah kecepatan metabolisme Anda.

Media Indonesia, 31 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s