Google Luncurkan Pembunuh iPhone


NEXUS One dilengkapi chipsetSnapdragon berkecepatan 1 GHz produksi Qualcomm.Karena itu, Nexus One mampu menghasilkan tenaga komputasi setara notebookpada tiga atau empat tahun silam.

industri smartphone menjadi semakin panas. Sebab, pemain di pasar tersebut kini menjadi semakin banyak. Perusahaan internet terbesar dunia Google Inc, yang sudah merilis sistem operasi smartphone bernama Android sejak akhir 2007, kini turut pula memasarkan smartphone. Seperti rumor yang beredar di kalangan industri smartphone sejak beberapa pekan terakhir, smartphone Google itu bernama Nexus One. Google memproduksi smartphone tersebut bekerja sama dengan produsen smartphone terbesar keempat dunia HTC Corp.

ehadiran Nexus One menggemparkan industri smartphone global karena Nexus One memiliki spesifikasi lebih dahsyat daripada iPhone 3G S, smartphone terbaru dari Apple Inc,yang dianggap sebagai smartphone paling canggih di dunia pada saat ini. Sebagai contoh,Nexus One dilengkapi layar yang lebih besar daripada iPhone 3G S.Lebih dari itu, Nexus One juga memiliki dimensi lebih tipis dan bobot lebih ringan daripada iPhone 3G S.Namun demikian, Nexus One belum memiliki layar sentuh multi-touchyang sanggup merespons sentuhan lebih dari satu jemari, seperti yang ada pada iPhone 3G S.

Namun demikian, karena Nexus One menggunakan sistem operasi produksi Google, maka Nexus One lebih fungsional untuk mengakses layanan-layanan online Google, daripada iPhone 3G S. Google mengungkapkan, Nexus One dilengkapi sistem operasi Android terbaru,yaitu Android 2.0 Éclair. Dengan Éclair,Nexus One sanggup mengakses layanan navigasi gratis Google Maps, layanan e-mail gratis Gmail,serta mengakses toko online Android Market yang pada saat ini sudah menyediakan lebih dari 18.000 jenis aplikasi.

Dengan aplikasi-aplikasi tambahan,Nexus One pun menjadi lebih kaya fungsi. Lebih dari itu,Nexus One juga dibekali berbagai macam fitur tambahan yang ditujukan untuk memudahkan interaksi pengguna dengan Nexus One. Salah satunya adalah fitur pengenal suara.Berkat kehadiran fitur itu, pengguna bisa mengoperasikan Nexus One hanya dengan menyuarakan perintah. Sebagai contoh, pengguna bisa berbicara dan Nexus One otomatis mengetikkan kata-kata pengguna.

Juga, pengguna bisa melakukan pencarian di layanan Google Search hanya dengan mengucapkan kata kunci pencarian. Lebih menarik lagi,pengguna Nexus One bisa mengakses layanan jejaring sosial Facebook dengan perintah suara pula. “Karena itu, tidak berlebihan jika kami menyebut Nexus One sebagai superphone,bukan lagi smartphone. Nexus One dilengkapi chipset Snapdragon berkecepatan 1 GHz produksi Qualcomm Inc.Oleh sebab itu,Nexus One mampu menghasilkan tenaga komputasi setara notebook kita pada tiga atau empat tahun silam,” tutur Vice President of Engineering Google Inc Andy Rubin.

Kehadiran Nexus One membuktikan bahwa Google tidak main-main dalam mengembangkan sistem operasi Android. Di pasar sistem operasi smartphone global, posisi Android pun menjadi semakin kuat karena pada saat ini terdapat semakin banyak produsen smartphone yang memilih Android. Lebih dari itu, Android juga menjadi idola para operator seluler. Sebagai contoh, operator seluler Amerika Serikat AT&T Inc berencana merilis tujuh jenis smartphone baru pada semester pertama 2010.

Dari tujuh jenis smartphone itu, lima di antaranya adalah smartphone Android, sedangkan dua yang lain merupakan smartphone bersistem operasi webOS produksi Palm Inc. Firma riset Strategy Analytics Inc mengungkapkan, penjualan global smartphone bersistem operasi Android bertumbuh 900% pada 2009. Dengan begitu, Android akan meraih pertumbuhan tertinggi dalam industri. Strategy Analytics menegaskan, Android bahkan akan mampu menyalip pertumbuhan Mac OS X, sistem operasi smartphoneiPhone 3G S. Strategy Analytics menjelaskan, Mac OS X memang mampu meraih pertumbuhan tertinggi di industri sistem operasi smartphone global dalam dua tahun terakhir.

Namun pada 2009, menurut Strategy Analytics, iPhone OS hanya mampu meraih pertumbuhan penjualan global 79% per tahun. Strategy Analytics memaparkan, pertumbuhan Android meroket karena Android mendapatkan dukungan besar dari para operator seluler, produsen handset, dan pengembang (developer) peranti lunak (software).Di samping itu,wilayah distribusi smartphoneAndroid juga semakin luas sehingga terdapat lebih banyak orang dapat membeli smartphoneAndroid.

Director Strategy Analytics Neil Mawston menyatakan, pertumbuhan pesat penjualan global smartphone Android akan bertahan hingga beberapa tahun mendatang.“ Alhasil,Android berpeluang besar menjadi pemain papan atas di industri sistem operasi smartphoneglobal dalam dua atau tiga tahun mendatang,”tandas Mawston.

Harian Seputar Indonesia, 07 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s