Harga Cabai Pun Tahu


NOKIA mulai melihat masa depan ada di kelas bawah. Internet sebagai jaringan yang bisa diakses dari mana saja dan kapan saja mulai menjadi titik berat pengembangan ponselnya.

Tidak seperti biasanya, fasilitas internet dan email yang selalu tersemat pada handset premiumnya kali ini ada di ponsel ”basic”. Nokia memberikan fasilitas koneksi web, khususnya email dan Nokia Life Tools untuk enam ponsel kelas midle-low endterbaru. Di pasar Indonesia, ponsel basic yang mendukung layanan Life Tools sementara hanya ada pada Nokia 2330 dan Nokia 2323.

Ponsel ini kabarnya dilempar di pasar hanya dengan harga Rp600-750 ribu. Seputar Indonesia (SI) penasaran, dan mendapat giliran untuk menjajal salah satu ponsel basic cukup canggih itu. Nokia 2330 Classic, ponsel berfitur Life Tools.Ponsel ini dilengkapi kamera VGA.Lumayan untuk jeprat-jepret di layar 1,8 incinya, menyimpan gambar dengan memori internalnya yang cukup besar. Nokia 2330 Classic cukup jagoan untuk membuka email.Dengan memencet menu kanan akan menawarkan kita untuk menyetel account e-mail.Prosesnya pun gampang.

Ketika memakai Ovi Mail, tinggal masukkan alamat emailnya, tunggu Nokia melakukan setting secara online, dan My Mailbox siap dipakai, atau dengan cara manual yang dapat kita lakukan adalah masuk ke Messaging – Set up email, lalu masukkan informasi login yang diperlukan. Kita bisa memakai lebih dari satu akun. Dengan konektivitas GPRS, dan Nokia Life Tools client, kita dapat mengakses informasi dan layanan yang dicari dengan mudah. Ya, memang inilah spesialisasi 2330 Classic. Nokia Indonesia memberinya tugas untuk meng-handle layanan Life Tools. Singkat kata, Nokia Life Tools merupakan layanan berbasis SMS mengenai agrikultur (pertanian), edukasi (pendidikan), dan hiburan.

Jadi, dengan sistem SMS berlangganan (tentunya non premium), diharapkan masyarakat di daerah terpencil bisa mendapatkan informasi mengenai harga jual hasil panen (untuk agrikultur). Atau, bisa juga untuk mereka yang ingin belajar bahasa Inggris, misalnya, dapat melakukannya dengan lebih nyaman, mengingat layanan SMS memang jauh lebih konsisten dibanding koneksi GPRS. Untuk menggunakan layanan Life Tools sangat mudah. Cukup masuki area Life Tools, dan kita bebas memilih layanan apa yang akan kita beli. Setiap layanan dikenakan biaya Rp 1.000 per hari.

Misalnya, kita berlangganan layanan pertanian, akan ada info tentang pertanian setiap hari, dan dikenakan Rp 1.000. Dalam Nokia Life Tools,dengan layanan pertanian,pengguna akan mendapat informasi lengkap soal bercocok tanam.Seperti harga jual hasil panen,ramalan cuaca,hingga tips bercocok tanam.Semua informasi ini amat spesifik, tergantung dengan lokasi dan hasil panen yang telah dipilih. Dalam menentukan lokasi, Nokia Life Tools mengandalkan kode pos pengguna. Misalnya, informasi mengenai harga jagung di Sidoarjo tentunya akan berbeda dengan harga jagung di Palembang, demikian juga ramalan cuacanya.

Jadi pengguna akan mendapatkan info yang jitu dan sesuai dengan kebutuhannya, tak perlu lagi mencari-cari informasi yang diperlukan. Untuk edukasi, Nokia Life Tools bisa dipakai untuk belajar berbagai subjek. Misalnya di mata pelajaran bahasa Inggris, selain arti sebuah kata, juga diberikan cara pemakaian dan contohnya. Dalam penyediaan konten ini, Nokia bekerjasama dengan pihak ketiga seperti BMG, Departemen Pendidikan, Departemen Pertanian, detik.com, Grasindo, ELTI, serta p a r a operator (sementara ini baru empat operator yaitu Telkomsel, Indosat, XL, dan 3) untuk menyediakan layanan tersebut.

Selain Life Tools yang serbaguna, Nokia 2330 juga dilengkapi Radio FM Stereo yang memiliki tombol cara pintas dengan satu sentuhan dan fitur perekam. Ini membuat Anda dapat mengendalikan musik sesuai dengan keinginan. Email, MMS, Nokia Xpress Audio Messaging, dan teknologi Bluetooth, menawarkan banyak cara untuk terhubung dengan dunia dan teman-teman Anda. Lalu.

Dengan menu kalender, catatan, dan manajer biaya,Anda tetap terorganisir setiap saat atau melakukan sinkronisasi dengan komputer untuk menjaga data pribadi tetap up to date.

Harian Seputar Indonesia, 05 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s