Olahraga Solusi Gangguan Tidur Perempuan


PEREMPUAN lebih banyak mengalami gangguan tidur sepanjang hidup. Menstruasi, kehamilan dan menopause merupakan beberapa penyebab gangguan tidur perempuan.

The US National Sleep Foundation menemukan, setengah dari keseluruhan perempuan mengeluh bahwa kram saat menstruasi dan perut kembung mengganggu tidur mereka selama 2 hari dalam sebulan. Kila panas (hot flushes) selama menopause mengganggu tidur 5 hari dalam sebulan.

“Studi ini pada akhirnya menghitung bagaimana kondisi unik pada perempuan berkaitan dengan gangguan tidur seperti insomnia,” terang peneliti Kathryn Lee dari University of California, seperti dikutip situs bbc.

“Sepanjang siklus kehidupan, insomnia atau gangguan untuk tertidur dan tetap tidur merupakan masalah yang signifikan.” Survei yang dilakukan terhadap 1000 perempuan ini menemukan bahwa 79 persen perempuan mengeluh tidur mereka lebih terganggu saat hamil.

Tidur siang

Lebih dari separuh perempuan hamil atau yang baru melahirkan menyatakan mereka tidur siang paling tidak sekali sehari sepanjang minggu atau di akhir minggu.

Survei menemukan bahwa 36 persen perempuan yang melalui masa menopause kurang tidur karena hot flushes dan gejala-gejala lainnya.

Banyak perempuan mengaku minum kafein agar tetap terjaga setelah mengalami tidur malam yang buruk. Akan tetapi, paka pakar menganjurkan Anda untuk menjauhi kopi, soda dan minuman berkafein lainnya.

Cara terbaik mendapatkan tidur malam yang nyenyak, menurut pakar, adalah berolahraga di siang hari dan merilekskan diri sebelum tidur. Tidur siang tidak dianjurkan.

Menurut Direktur Loughborough University Sleep Research Laboratory Profesor Jim Horne, tidak ada bukti kuat mengenai perbedaan gangguan tidur diantara laki-laki dan perempuan. “Tidur laki-laki dan perempuan hampir sama. Hanya saja, perempuan cenderung mengakui gangguan sedang laki-laki menolak mengakui.”

Orang-orang, terang Horne, cenderung lebih sering mengalami gangguan tidur seiring pertambahan usia. Bangun sekali atau dua kali di malam hari, terang dia, merupakan hal yang normal. Gangguan tidur hanya akan jadi masalah jika penderita merasa lelah di siang hari.

Media Indonesia, 17 Desember 2009

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s