Optimistis dengan Inovasi


2009 adalah tahun emas bagi Acer di Indonesia.Dengan strategi multi brandingnya, vendor asal Taiwan itu berani mengklaim sebagai pemimpin pasar PC.

Di dunia,Acer adalah perusahaan penyedia PC terbesar kedua setelah Hewlett-Packard (HP).Berarti, Acer berhasil menggeser Dell yang kini harus rela menjadi nomor tiga. Ya,pelan tapi pasti,Acer terus bergerak naik. Cukup setahun bagi Acer untuk menorehkan semua prestasi itu. Semakin naiknya brand awarenessdi mata masyarakat,Acer di Indonesia juga kini menjadi bayangbayang utama HP sebagai pemimpin pasar PC.Acer bahkan berani mengklaim bahwa mereknya sudah menjadi nomor satu untuk seluruh PC, termasuk notebook dan desktop (data selengkapnya menunggu laporan terakhir 2009).

Semua itu diungkapkan Jason Lim, Presiden Direktur Acer Indonesia, dalam Acer Spacer Media Workshop yang digelar di Lombok, Nusa Tenggara Barat,15–17 Desember lalu.Menurutnya,Acer di Indonesia dan dunia tumbuh cepat,dan sudah sewajarnya kini mengambil alih pimpinan pasar PC. ”Kami berusaha menambah berbagai layanan untuk kepuasan costumer. Kami benar-benar memerhatikan soal aftersales, hingga outletyang terus ditambah.Strategi multiple brand juga membuat Acer semakin dikenal,”beber Jason.

Memang,klaim nomor satu untuk jajaran semua PC, mencakup notebook dan desktop, sudah dinyatakan HP sebelumnya dalam kesempatan yang berbeda.Data yang digunakan HP adalah hasil riset lembaga International Data Corporation (IDC) di Indonesia pada kuartal tiga (Q3) 2009. Jadi, siapa yang sebenarnya nomor satu? Menurut Jason,kedua klaim itu benar.Hanya, yang perlu diperhatikan adalah periode waktunya.” Jika ada yang lain mengatakan nomor satu di Q3 2009, itu memang benar.Tapi apa yang kami katakan, juga benar,”ujarnya.

Menurut Jason, periode waktu yang digunakan Acer untuk menyatakan dirinya nomor satu dalam penjualan PC di Indonesia adalah berdasarkan data Year to Date sejak kuartal 1,2,dan 3 alias selama periode sembilan bulan pertama 2009. Acer meraih sekitar 25% pangsa pasar PC di Indonesia pada periode waktu tersebut. Adapun pesaing terdekatnya adalah pada kisaran 21%. Namun,terlepas dari perdebatan siapa yang menjadi nomor wahid, yang sebenarnya lebih penting diperhatikan adalah strategi yang digunakan Acer. Multiple branding adalah salah satu langkah paling top. Acer kini tak hanya memakai nama Acer untuk PC.Ada Gateway, e-Machine,hingga Packard Bell. Semua nama itu mengusung segmen berbeda.

Acer lebih diarahkan untuk fresh technologydan inovasi. Sementara Gateway lebih stylish dan easy to use. E-Machine adalah PC untuk first time user.Dan yang terakhir,Packard Bell, hanya untuk memerkuat lini produk di Eropa. ”Packard Bell adalah merek multinasional Acer. Merek itu (Packard Bell) mensponsori aneka bidang, termasuk tim Fiat Yamaha, Ferrari F1, salah satu klub sepak bola, hingga menjadi Olympic partner,” kata Daniel Rustandi,Marketing Director Acer Group Indonesia di kesempatan yang sama. A p a yang dilakukan Acer tak lepas dari prediksi bahwa pasar notebook akan terus naik.Perkembangan dari hasil penjualan menujukkan bahwa notebook adalah salah satu cabang dari PC yang perkembangannya paling luar biasa.

Pasar notebook di Indonesia diprediksi bakal tumbuh signifikan pada tahun depan. Estimasinya bisa mencapai sekitar 70–75% dari total market,sedangkan sisanya dibagi untuk produk lain seperti monitor LCD dan proyektor. Menurut Daniel, perkembangan notebook di dunia dipengaruhi banyak hal.Pertama adalah ukuran. Notebook adalah downsized dari PC, sehingga gampang di bawabawa. Lalu, faktor kedua adalah harga notebook yang semakin berdekatan dengan harga desktop.

”Dan yang pasti, modelnya semakin catchydengan akses yang semakin mumpuni,”terangnya.

Harian Seputar Indonesia, 05 Januari 2010
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s