Pasar Printer Lebih Gurih


HINGGA kuarter III/2009,Indonesia menyerap 2,25 juta unit komputasi.Tahun ini International Data Center (IDC) memprediksi angkanya bakal lebih tinggi lagi.

Pertumbuhan ini tentu mendorong penjualan mesin cetak alias printer. Bagaimana pangsa pasar printer di Indonesia pada 2010? Kalangan industri melihatnya positif. Salah satunya karena pertumbuhan ekonomi Indonesia yang positif di saat negara- negara lain malah minus.“Tentu hal ini menjadi catatan tersendiri. Jadi jika 2010 negara lain membaik, tentu Indonesia lebih running,” tukas Christoph Schell,Vice President Consumer Business Imaging & Printing Group (IPG) Hewlett- Packard Asia Pasifik, saat mengunjungi Jakarta belum lama ini.

Bahkan, HP memproyeksikan pasar nasional piranti cetak digital pada 2010 tumbuh pesat meninggalkan dua raksasa Asia,China dan India.Analisis ini merujuk tren pesatnya potensi pasar cetak di Tanah Air berdasarkan kondisi pasar pada 2009 yang dianggap berat. ”Yang membuat HP optimistis adalah target kami menawarkan lembar halaman cetak.Jadi bukan hanya menjual mesin cetak.Terlebih biaya kepemilikan printer semakin lama makin murah,” ujar Christoph. Sebaliknya, laju halaman cetak tahun ini diperkirakan di atas 30%. IDC, beber dia, memproyeksikan kebutuhan printer multiguna (all-in-one) akan tumbuh di kisaran 25% pada 2010.

Harian Christoph mengakui tahun lalu pihaknya kurang mencapai target di mesin printer. Uniknya,di sisi bisnis tinta sebagai satu kesatuan dengan printer dapat terpenuhi. ”Pertumbuhan pasar printer nasional melonjak drastis,bahkan dari ChinadanIndiasekalipun.Takdapat disangkal, hal ini disebabkan penjualan komputer (desktop) atau notebookyang terus meningkat,”ungkap Schell.Dia juga meramalkan,tahun ini solusi layanan cetak foto ritel misalnya untuk mug atau media lain bakal melaju hingga dua digit.

Mengapa? Alasannya, pertumbuhannya didorong makin pesatnya penjualan pasar kamera digital dan konten digital lainnya.Marketing Director IPG, HP Indonesia Imelda Setijadi menambahkan, pesatnya pasar desktop dan notebook pada 2009 juga mendorong pengguna untuk membeli printer. ”HP mampu meraup 55% pangsa pasar printer pada 2009.UKM yang biasanya menggunakan laserjet kami tawarkan solusi deskjet yang memungkinkan penghematan hingga 50%,” tuturnya. Untuk memperkuat pasar printer di Tanah Air, HP Indonesia memperkenalkan Photosmart C4780 dan 4680 All-in-One yang di dukung teknologi TouchSmart dan peka sentuhan, Photosmart C4780 dan 4680.

Keduanya semakin memudahkan pengguna melihat tampilan foto yang akan diedit dan dicetak,sekaligus kemudahan dalam mengopi, memindai, serta mencetak berbagai dokumen. Portofolio Photosmart all-inone tersebut juga dilengkapi dengan peralatan nirkabel one touch dan pencetakan nirkabel, serta fungsi drag and drop untuk pencetakan “goof proof”. Mesin canggih ini makin memukau dengan tampilan ramping berwarna hitam piano serta mampu menghemat energi hingga 30% dibanding model sebelumnya. Photosmart dirancang sesuai kebutuhan masyarakat konsumen akan teknologi sentuh pada printer mereka.

Ini sesuai riset lembaga pemasaran Gatnert yang memproyeksikan bahwa segmen pengontrol tombol sentuh dan layar sentuh yang capacitive akan meingkat pesat, menembus angka 1,3 miliar unit pada 2012.Juga,menyumbang kontribusi terhadap pertumbuhan tahunan sebesar 44%. ”Printer sentuh pertama kali diperkenalkan 2006, sejak itu pengembangan terus dilakukan dengan masukan dari para pelanggan,” kata Market Development Manager,InkjetWeb Solution,Imaging Printing Group,HP Indonesia Alia Octhora Dewi.

Selain varian printer multifungsi, HP juga mencekoki pasar dengan empat printer deskjet termasuk yang dilengkapi perangkat nirkabel dengan harga terjangkau,yakni HP Deskjet D5560 serta HP Deskjet Ink Advantage All in One K209. Photosmart C4780 All in One menawarkan penggunaan nirkabel termudah, Anda cukup menyentuh satu tombol untuk mencetak virtual di dalam rumah.Frame HP TouchSmart dan layar warna 1,45 inci memudahkan printer memproduksi foto berkualitas lab, dokumen sehari-hari, mengopi, dan mencetak ulang beragam foto.

Sementara Photosmart 4680 All-in-One yang dibenamkan layar 1,45 inchi, juga mengaplikasikan beragam fitur untuk percetakan ”goof proof”seperti HP Photo Print Gadget, serta memasukkan memory card atau USB drive untuk melihat foto-foto serta mencetaknya tanpa PC.

Harian Seputar Indonesia, 05 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s