Upaya Menjaga Warisan Budaya


MENYAMBUT datangnya Bulan Syura dalam penanggalan Jawa,ritual laku bisu mubeng benteng (berjalan mengitari benteng Keraton tanpa bicara) dan jamasan pusaka di lakukan masyarakat. Jamasan berasal dari kata jamas, artinya dicuci, dibersihkan, atau dimandikan.

Pusaka bukan hanya sebatas senjata, tetapi dalam konteks ini adalah simbol kultur. Pusaka yang dimaksud berupa ragam senjata seperti keris,pedang, tombak, maupun benda-benda wasian seperti gong keramat,kereta keramat,dan masih banyak lagi. Penjamasan dilakukan dengan memilih hari “istimewa”,biasanya Jumat atau Selasa Kliwon dan di-lakukan sesuai adat dan tata cara yang sudah turun-temurun. Mereka yang terlibat dalam ritual harus mengenakan pakaian adat Jawa peranakan. Semuanya laki-laki, mengenakan kain panjang,surjan, dan penutup kepala blangkon. Seperti prosesi jamasan pusaka yang di gelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi DIY di Pendopo Kepatihan, beberapa waktu lalu.

Sejumlah keris yang menjadi koleksi pribadi didaftarkan untuk selanjutnya dijamas oleh para penjamas berpengalaman.Prosesi diawali dengan menghilangkan sisa minyak lama atau karat dengan lerak (tumbuhan yang dikenal karena kegunaan bijinya yang dipakai sebagai pengganti deterjen) atau sabun. Dilanjutkan proses memutihkan bilah dengan menggunakan air perasan jeruk nipis dan diakhiri proses mewarangi yakni mengolesi bilah keris dengan cairan kimia untuk menghilangkan karat. Hasilnya, pamor yang terdapat pada keris terlihat kontras.

Ritual jamasan ini menjadi simbol kecintaan terhadap pusaka warisan budaya. Para kolektor dan penjamas berperan sebagai penjaga warisan budaya dengan secara rutin merawat warisan budaya tersebut agar tetap terjaga baik kondisinya.

Harian Seputar Indonesia, 03 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s