Industri Keramik Klampok Khawatirkan Masuknya Produk China


Industri keramik di Kecamatan Purwareja Klampok, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah mengkhawatirkan masuknya produk China seiring pemberlakuan “free trade agreement (FTA)” antara ASEAN dan China. “Kekhawatiran terhadap masuknya produk luar negeri yang sering dianggap bagus dan berkualitas tetap ada,” kata pengelola kelompok industri keramik “Mustika” Purwareja Klampok, Tri Mulyantoro di Banjarnegara, Jumat.

Kendati demikian, dia mengaku berusaha untuk tetap optimistis karena produk keramik dari Purwareja Klampok memiliki ciri khas tersendiri dengan kondisi pasar yang diharapkan tetap stabil. Ia mengatakan, peran pemerintah sangat diharapkan untuk melindungi industri kecil dalam menghadapi pasar bebas ini. “Mudah-mudahan produk yang masuk ke Indonesia berbeda dengan produk kita,” katanya.

Menurut dia, pengrajin keramik di Purwareja Klampok memiliki produk andalan berupa poci. Akan tetapi, pengrajin akan sangat terpukul jika kelak ada produk poci dari luar negeri yang masuk dengan harga lebih murah dan kualitas yang lebih bagus. “Walau demikian, kami tetap optimistis dan berani bersaing dengan produk luar negeri, khususnya keramik dari China,” kata Tri Mulyantoro.

Koran Internet, 08 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s