Industri Wig Purbalingga Tak Permasalahkan FTA


Industri rambut palsu atau wig di Purbalingga, Jawa Tengah, tidak mempermasalahkan diberlakukannya “free trade agreement (FTA)” antara ASEAN dan China mulai 2 Januari 2010. “Kami tidak mempermasalahkan pemberlakuan FTA karena industri rambut palsu Purbalingga lebih berkonsentrasi pada pasar ekspor di Amerika dan Eropa,” kata Ketua Asosiasi Pengusahan Indonesia (Apindo) Kabupaten Purbalingga Saryono di Purbalingga, Jumat. Menurut dia, pasar rambut palsu maupun bulu mata palsu produksi Purbalingga di dalam negeri sangat sedikit bahkan cenderung tidak ada.

Saat disinggung kemungkinan adanya persaingan dengan produksi rambut palsu asal China, dia mengatakan, industri wig Purbalingga siap bersaing dengan produk China. “Kami berani bersaing, karena kualitas produk wig Purbalingga tak kalah dengan China,” kata pemilik perusahaan wig PT Tiga Putra Abadi Perkasa Purbalingga ini.

Sementara mengenai permintaan ekspor rambut palsu, dia mengatakan, hal itu terus mengalami perbaikan pascakrisis finansial global. Menurut dia, ekspor rambut palsu saat ini meningkat sekitar 10 persen, tetapi dia tidak menyebutkan total ekspor yang telah dilakukan. Di Purbalingga saat ini terdapat 19 industri wig berstatus penanaman modal asing (PMA) yang sebagian besar berasal dari Korea, dan 18 di antaranya merupakan industri wig dan bulu mata palsu yang sebagian besar melakukan ekspor ke Amerika Serikat dan Eropa. Data yang dihimpun dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Purbalingga, total nilai ekspor industri rambut palsu ke Amerika rata-rata mencapai Rp3,8 miliar perbulan. Konon, industri rambut palsu Purbalingga merupakan yang terbesar kedua di dunia setelah Guangzhou, China.

Koran Internet, 08 Januari 2010

Iklan

Satu pemikiran pada “Industri Wig Purbalingga Tak Permasalahkan FTA

  1. Saya berterimakasih atas infonya, mengenai rambut palsu (wig). terus terang sy baru tahu kl industri terbesar wig ada di purbalingga.
    Yang ingin saya tanyakan adl, Apakah saya bisa minta Informasi Harga & jenis2 Wig utk di export ke Eropa. kebetulan saya ada permintaan.
    Terima kasih sebelumnya & saya sangat berharap nformasi lengkapnya Via E-mail (alwynpotato@yahoo.com).
    Sukses.

    Best regards,

    Alwyn.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s