Pemkot Galakkan “Green And Clean” Antisipasi Banjir


Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menggalakkan program “green and clean” (penghijauan dan kebersihan) untuk mengantisipasi banjir sebagai dampak dari perubahan iklim. “Masyarakat dunia diminta berpartisipasi menekan dampak perubahan iklim, karena itu salah satu upaya Pemkot adalah melalui program “green and clean” tersebut,” kata Wali Kota Makassar H Ilham Arief Sirajuddin di Makassar, Jumat.

Menurut dia, untuk menyukseskan program tersebut, peran serta masyarakat sangat menentukan dengan cara menanam dan memelihara pohon di sekitar rumahnya, serta senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Wali Kota Makassar yang menjadi salah satu undangan pada pertemuan internasional yang membahas tentang perubahan iklim di Kopenhagen baru-baru ini mengaku mendapat banyak pelajaran dan pengalaman yang bisa menjadi acuan untuk pelaksanaan program mengeliminasi pemanasan global yang berdampak pada perubahan iklim.

Sebagai gambaran, Ilham mengatakan, Kelurahan Kassi-Kassi, Kecamatan Tamalate telah menjadi lokasi percontohan program “green and clean”. Mengenai kondisi Kota Makassar yang masuk kategori rawan banjir pada musim hujan, dia mengatakan, hal itu tidak dapat dipungkiri apalagi posisi kota yang berjuluk “anging mammiri” ini lebih rendah dari permukaan laut.

“Kota Makassar yang berhadapan langsung dengan laut, khususnya Pantai Losari pada musim hujan tentu rawan banjir, apalagi ketika hujan turun pada saat air pasang,” ujarnya. Berkaitan dengan hal tersebut, lanjutnya, masyarakat diminta senantiasa menjaga kebersihan di 11 titik saluran sekunder atau drainase, guna mencegah banjir di Makassar. Alasannya, apabila saluran air lancar, maka genangan air tidak akan tertinggal lama.

Koran Internet, 08 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s