Pengamat Ekonomi: Indonesia Akan Jadi Negara Konsumen


Pengamat ekonomi, Farial Anwar memperkirakan Indonesia kedepan hanya dalam waktu satu sampai dua tahun akan menjadi negara konsumen, karena masuknya berbagai produk China, akibat perjanjian perdagangan bebas antara China dengan ASEAN. “Hanya dalam waktu satu hingga dua tahun Indonesia akan menjadi negara konsumen akibat membanjirnya produk China yang masuk ke pasar domestik dengan harga yang lebih murah ketimbang produk lokal,” kata Farial Anwar di Jakarta. Farial Anwar yang juga Direktur Currency Management Group mengatakan, apabila Indonesia menjadi negara konsumen, maka dikhawatirkan investasi asing akan berkurang.

Para investor asing kemungkinan akan menginvestasikan dana di China maupun di Vietnam ketimbang Indonesia sebagai basis produksi dan mengekspor produknya ke pasar Indonesia, katanya. Karena itu, lanjut dia, pemerintah diharapkan segera membuat aturan yang dapat menahan laju produk China sehingga tidak semuanya masuk ke Indonesia. “Kami optimis pemerintah akan melakukan berbagai upaya untuk dapat mengantisipasi masuknya produk China yang harganya jauh lebih ketimbang produk domestik,” ucapnya. Farial Anwar mengatakan, meski menjadi negara konsumen, pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan sebesar 5,5 persen bisa saja tumbuh. Namun ekspor Indonesia diperkirakan akan merosot tajam karena volumenya makin mengecil, katanya. Pemerintah, lanjut dia harus benar-benar siap dalam perjanjian perdagangan bebas antar ASEAN dengan China. ” Apakah kita benar-benar siap menghadapi serbuan produk dari China, ujarnya.

Apabila produk China masuk ke pasar domestik, lanjut dia, maka industri tekstil, industri sepatu, keramik, alat bahan bangunan di dalam negeri akan mengalami kemunduran. Hal ini akan berdampak negatif terhadap tenaga kerja, sehingga produksi perusahaan akan makin berkurang, ucapnya.

Koran Internet, 07 Januari 2010

Iklan

Satu pemikiran pada “Pengamat Ekonomi: Indonesia Akan Jadi Negara Konsumen

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s