Inilah Tipe Manusia Paling Berbahaya


Dalam manajemen dikenal empat tipe manusia, yaitu manusia yang profesional dan jujur, profesional tetapi tidak jujur, tidak profesional tetapi jujur, serta tidak profesional dan tidak jujur. Demikian diungkapkan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam peluncuran buku Korupsi Mengorupsi Indonesia di Jakarta, Selasa (12/1/2010).

Pengalamannya memimpin korporasi dan pemerintahan mencelikkan matanya tentang tipe orang yang paling berbahaya dalam hal korupsi. “Yang paling bahaya, profesional tapi tidak jujur,” tuturnya.

Menurut Kalla, mereka yang tidak profesional dan tidak jujur justru tidak lebih berbahaya karena mereka sendiri tak tahu caranya korupsi. Paling mungkin diberi suap atau uang tip, seperti pegawai kelurahan ketika pembuatan kartu tanda penduduk (KTP). Kalaupun bermain, mereka mungkin saja akan langsung ketahuan.

Sementara itu, mereka yang tidak profesional tetapi jujur tak jadi masalah berarti. Hanya saja, mungkin mereka tidak pernah menciptakan kemajuan.

“Yang paling bahaya itu, dia bisa ngambil banyak, tapi enggak ketahuan, seperti Robert Tantular. Dia ngambil atau orang yang bantu dia di Bank Indonesia. Setahun habis Rp 6,7 triliun,” ujarnya.

Yang paling bahaya itu, dia bisa ngambil banyak tapi enggak ketahuan seperti Robert Tantular.
Kompas, 12 Januari 2010
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s