Kain Batik China Masuk Pasar Klewer


Produk kain batik berasal dari China menyerbu Pasar Klewer Solo, Jawa Tengah, sejak beberapa hari lalu terkait dengan pelaksanaan Free Trade Agreement ASEAN-China.

Seorang pemilik pabrik kain batik, PT Merak Manis, Bambang Slameto, di Solo, Senin (11/1/2010), mengatakan, kain batik produk China itu relatif belum banyak yang masuk ke Pasar Klewer.

Pasar Klewer selama ini dikenal sebagai pusat perdagangan tekstil terbesar di Jateng.

Sebenarnya, katanya, masuknya kain batik produk China itu ke pasar setempat tidak menjadi masalah asalkan para pedagang bersatu dan mampu bersaing dengan produk luar negeri itu.

“Bagi kami sebenarnya tidak ada masalah karena kain batik asal China itu motifnya tidak bagus, kasar, dan kainnya kalau dipakai terasa panas di badan, sedangkan kain batik di Solo motifnya cukup bagus, begitu juga kualitasnya. Kami tidak mengerti kalau orang di luar Solo, seperti Jakarta yang kurang begitu paham mengenai batik,” katanya.

Ia mengatakan, sebenarnya kain batik produk China itu, pada era 1980-an sudah beredar di Pasar Klewer, tetapi tidak begitu laku seperti saat ini.

“Asalkan para pedagang batik di Solo mau bersatu dan bersaing secara sehat, tidak ada masalah untuk menghadapi membanjirnya barang-barang tekstil asal China ini,” katanya.

Ia mengaku, hingga saat ini masih memiliki kain batik produk China dan menyimpannya secara baik untuk dibandingkan dengan produk setempat.

“Saya masih punya kain batik buatan China itu dan saya simpan, bisa dibandingkan dengan buatan kita, baik mengenai motif maupun kainnya, masih tetap unggul milik kita,” katanya.

Ia menyatakan pentingnya pengusaha batik Solo semakin sadar terhadap kebutuhan suatu wadah atau perkumpulan pengusaha industri itu untuk menghadapi persaingan pasar bebas.

Wadah bagi pengusaha batik setempat, katanya, akan memudahkan pembangunan suatu gerakan untuk menghadapi perdagangan bebas.

“Sekarang sudah tidak pada zamannya lagi para pengusaha maju sendiri-sendiri,” katanya.

Kompas, 12 Januari 2010

Iklan

Satu pemikiran pada “Kain Batik China Masuk Pasar Klewer

  1. Ya sayasetuju, tetapi kalau dibiarkan lambat laun pasti Batik China yang berkuasa dinegeri ini seperti jugatekstil China dinegeri ini yang jelas jauh lebih unggul dari lokal..

    Kain yang dari china tsb pasti yang bukan high end. Sayapun secara jujur mengakui kain polyester china lebih unggul. Katun pun juga. Dengan persentase harga yang seimbang. Hanya saja inilah peran pemerintah untuk melindungi produk lokal dan paten motif. Sehingga Pengusaha Batik lokal tidak menjadi jatuh sebab terkendala modal dibanding perusahaan China yang jelas sudah tidak perlu diragukan menghabisi pasar produk tekstil Indonesia dengan produk buatannya sendiri.

    Batik is origin from Indonesia

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s