Merancang Sendiri Pola Tapak Ban dengan Laser


MERANCANG pola telapak ban Anda sendiri? Itu bukan hal yang mustahil. Pasalnya, produsen ban asal Korea Kumho, menawarkan hal itu. Bahkan Anda dapat membubuhkan baik nama perusahaan maupun nama pribadi pada permukaan ban.

Menurut Kumho, di masa yang akan datang, mereka berencana untuk mendesain tapak ban dalam dua cara. Pertama yang memenuhi persyaratan fungsi, tentunya tak ada kompromi karena dicetak dengan cara yang biasa. Yang kedua secara customized, sehingga konsumen bisa mendesain sendiri tapak ban sesuai keinginannya.

“Teknologi laser terbaru memungkinkan kita jauh lebih leluasa melakukan desain dan percobaan dengan beberapa pola. Di masa yang akan datang, proses tersebut dapat juga menyajikan ban produksi dalam berbagai keperluan jangka pendek seperti tapak khusus untuk balap atau berkendara pada permukaan licin dan sebagainya,” ujar Roger Jenkins, managing director European Technical Centre Kumho yang bermarkas di Birmingham.

Teknologi laser ‘pengukir’ pabrikan ban asal Korea tersebut, pertama dihadirkan di akhir September lalu di Frankfurt Auto Show, Jerman dan sangat jelas ditujukan untuk volume produksi saat ini. Dan ia mampu mengukir ban satu demi satu di hampir seluruh bagian.

“Ketika melakukan pembelian, para konsumen memperhitungkan desain ban selain performanya,” ujar Jenkins. Ia menambahkan bahwa Kumho adalah sala satu perusahaan pertama yang mengenali hal ini dan terus berinvestasi dalam mengembangkan kedua aspek tersebut.

Media Indonesia, 10 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s